Mungkin bagi sebagian besar pelanggan indosat yang berapa kali mendaftar Paket Yellow Indosat yang menawarkan 1GB untuk 1Hari hanya dengan merogoh pulsa 1000 rupiah menganggap bahwa itu merupakan tawaran yang sangat fantastis. Tentu sangat menggiurkan, kita bisa streamingan, download film atau dokumen, download lagu, lebih-lebih chating dan share berbagai macam foto dan video dalam satu hari penuh.

Namun, sesampainya saya menuliskan post ini, sudah banyak teman-teman yang mengeluh karena pulsa mereka tersedot, tiba-tiba pulsa habis. “Haduuuhh, pulsa tinggal 20 ribu kog langsung habis!”. dan banyak keluhan lain yang saya dengar dari rekan di sekeliling.

Sebelumnya saya sudah menuliskan post mengenai

Cara Mengembalikan Pulsa Tersedot Karena Problem Paket Yellow Indosat

Yang didalamnya membahas terkait mengembalikan pulsa yang tersedot tidak wajar dikarnakan kesalahan system paket yellow, entah tidak full 24 jam ataupun tidak full 1GB dengan cara mengirim email ke CS indosat.

Nah, sekarang bagaimana untuk terhindar dari tersedotnya pulsa kita, dengan tetap menikmati paket yellow yang super murah itu..? Jujur, saya menuliskan post ini juga masih menggunakan paket tersebut. :v

Cara Mencegah Pulsa Tersedot karena Paket Yellow Indosat

  1. Pastikan sobat semua mendaftar dengan benar paket yellow dan sudah mendapatkan SMS pemberitahuan bahwa paket yellow sudah aktif. Ada beberapa pengalaman teman yang mendaftar paket yellow, tapi belum mendapat sms yang menandakan paket sudah aktif dan menggunakan internet dengan kartu sim indosat mereka.

    SMS dari 363, pertanda paket yellow sudah aktif.

    Jika sudah mendapat sms tersebut, maka paket yellow sudah bisa di pakai. Atau juga bisa kirim sms status kirim ke 363. Jika belum ada SMS pemberitahuan aktifnya paket yellow, maka jangan aktifkan dulu data seluler untuk internetan, atau pulsa sobat akan terpotong dengan tarif perKB yang sangat mahal.

    Cek Status paket internet yang sedang aktif di kartu Indosat

  2. Mengecek secara berkala sisa kuota yang masih ada. Ini bisa dilakukan dengan mengirim sms usage kirim ke 363. Jika sobat semua menggunakan paket yellow hanya untuk chatting, mungkin ini tidak perlu. Tetapi jika sobat menggunakan paket yellow untuk streaming-an dan download, ini perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan paket data masih tersedia.

    Cek kuota internet, untuk memastikan sisa kuota yang tersedia.

    jika kuota masih banyak, sobat bisa melanjutkan aktifitas berselancar di internet. namun jika kuota sudah limit misal tinggal 50MB, maka lebih baik sobat daftarkan ulang paket yellow, atau menggunakan paket data / kartu sim lain. Karena indosat akan Menggunakan Tarif perKB jika kuota melebihi batas dengan tidak ada konfirmasi terlebih dahulu. ini akan menjadi masalah jika pulsa di kartu sim yang digunakan internetan masih banyak, akan terkuras habis mengingat tarif perKB sangat mahal.

  3. Menggunakan data limit yang tersedia di Smartphone sobat. Ini akan sangat berguna, karena sistem akan otomatis menghentikan atau me-nonaktif-kan paket data seluler jika sudah melampaui batas data tertentu yang digunakan. Dalam hal ini, saya menggunakan HP Xiaomi Note 4X. Mungkin di HP sobat ada yang beda ada yang sama. Buka Setting -> SIM Cards & Mobile networks -> set data plan. 

    Pengaturan data limit, untuk mencegah penggunaan data berlebih.

     

  4. Melakukan pendaftaran ulang paket yellow sebelum genap 24 jam. Ini merupakan langkah antisipasi yang sebaiknya dilakukan jika sobat hendak menggunakan paket yellow secara berkala. Sebelum genap 24 jam, misal 23 jam 30 menit (30 menit sebelum batas waktu paket yellow), sobat melakukan registrasi ulang agar terhindar dari “keblabasan” penggunaan yang tidak diinginkan. Jika sobat mendaftar kembali paket yellow tapi masih ada sisa kuota, maka akan mendapat sms konfirmasi pembaruan paket yang akan menghanguskan paket internet terdahulu. lalu balas dengan OK. Ini lebih baik dilakukan. Merelakan paket internet sekian MB lebih baik dari kehilangan pulsa sekian puluh ribu, bukan..? 🙂
  5. Gunakan Paket Yellow jika memang perlu bandwidth dan kuota besar. paket yellow memang terhitung sangat murah, namun jika kebutuhan sobat tidak terlalu banyak untuk internet, misal hanya chatting dan browsing normal, maka menggunakan paket yellow untuk sehari-hari tidak saya anjurkan. Lebih baik mencari paket bulanan atau 3 bulanan yang lain, walau harga sedikit mahal. Karena jika sobat menggunakan paket yellow dan lalai / melebihi batas, maka pulsa yang tersisa akan terpakai untuk internetan tarif perKB.

    SMS pemberitahuan pemakaian internet tarif perKB

    Mengecek kuota secara berkala menyita waktumu bukan..?. Namun jika memang kebutuhan sobat banyak dan dana terbatas, serta tidak ada fasilitas WIFI, maka paket yellow menjadi sangat membantu.

 

Tambahan yang tidak kalah penting

  1. Bahwa paket yellow indosat tidak full 24 jam. Walaupun di sms sampai 24 jam, usahakan 1 jam sebelum habis masa aktif untuk segera menonaktifkan paket data Indosat, atau bisa mendaftar ulang lagi paket yellow.
  2. Indosat akan menyedot pulsa secara otomatis (tarif perKB) jika pemakaian melebihi kuota atau melebihi batas waktu yang sudah ditetapkan paket yellow (1gb). Sehingga, usahakan mengecek sisa kuota secara berkala dengan sms “usage” kirim ke 363
  3. Gunakan internet untuk produktifitas dan hal-hal positif lainnya.

Mungkin itu beberapa hal untuk terhindar dari Pulsa Tersedot karena Paket Yellow Indosat. Semoga sedikit apa yang coba saya share menjadi manfaat bagi siapa saja yang membaca. Ada pertanyaan atau saran tanggapan..? Tinggalkan komentar dibawah ya! 🙂🙂 .
Salam hangat,

.

.

Sekian, salam hangat.

ardan7779.