Mari kita bicara tentang PTI. PTI adalah kepanjangan dari Pengenalan Teknologi Informasi (dan merupakan salah satu matakuliah semester 1 Politeknik Batam jurusan IT).

Segala sesuatu tentu ada definisinya. Apa sich definisi dari ‘Teknologi Informasi’ itu sendiri? Teknologi Informasi adalah istilah untukmendeskripsikan teknologi-teknologi yang memungkinkan manusia untuk:

  • mencatat (record)
  • menyimpan (store)
  • mengolah (process)
  • mengambil kembali (retrieve)
  • mengirim (transmit)
  • menerima (receive)

Definisi di atas Saya ambil dari silabus matakuliah. Semua proses diatas tentu tidak lepas dari istilah ‘data’ dan ‘informasi’. Apa sih arti ‘data’ dan ‘informasi’?

Data adalah suatu bentuk yang belum memiliki arti(raw data), atau belum bisa dimanfatkan misalnya angka 18, kota Bandung, dan lain-lain. Jadi ketika anda disodori sesuatu yang belum memiliki arti, sebutlah ia sebagai ‘data’.

Informasi, adalah ‘data’ yang telah di’proses’ sehingga memiliki suatu arti, misal : Kota Bandung terletak di Provinsi Jawa Barat. Ada artinya kan? Jadi ketika anda disodori sesuatu dan sesuatu itu telah memiliki arti, sebutlah ia sebagai ‘informasi’.

‘Proses’ adalah suatu langkah untuk mengubah suatu ‘data’ menjadi ‘informasi’ yang berguna untuk kepentingan yang lainnnya.

Mengapa informasi dibutuhkan??

Informasi, selain sebagai alat komunikasi(sinyal, kode, dll) juga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Misal : Pak Presiden SBY kita memiliki informasi bahwa ‘Sekitar 10% penduduk Indonesia masih belum melek IT’ maka tentu saja Pak Presiden  SBY bisa mengambil beberapa keputusan berdasarkan informasi tersebut, misalkan keputusan untuk ‘Menambah porsi pelajaran IT di sekolah-sekolah di Indonesia’ dan ‘Membangun warnet-warnet open source di sekolah-sekolah’.

Atau bila Dempkominfo memiliki informasi ‘Masih banyak software-software bajakan berkeliaran di sekolah-sekolah umum’, maka ia bisa mewajibkan sekolah-sekolah umu tersebut untuk menggunakan produk-produk open source yang tidak bertentangan dengan HaKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual)

Baca Juga  Pengertian Logika dan Algoritma

Di mana informasi bisa diperoleh?

Informasi bisa diperoleh dari pustaka,  media massa, lisan dan tulisan. Tapi di zaman serba maju sekarang ini, kita cukup dengan membuka internet dan bertanya dengan ‘Om Google’ dan dipastikan kita bisa mendapatkan informasi tentang apapun, dimanapun, siapapun=D

Oh iya tadi kita sempat membicarakan tentang ‘proses’ yang mengolah ‘data’ menjadi ‘informasi’. Bagaimana cara ‘data’ tersebut diolah? Ada banyak cara pengolahan data, antara lain perekaman awal, pengklasifikasian, penyusunan/ pengurutan, penghitungan, penyimpanan, cara pengambilan kembali, perbanyakan, penyampaian, dan masih banyak lagi.

Apa saja sich komponen IT itu?

  • hardware (cpu, monitor, i/o device dan kawan-kawan)
  • software (sistem operasi(windows, linux, unix,solaris), user application dan aplikasi lainnya)
  • firmware (instruksi yang disimpan permanen di ROM)
  • brainware (end user, programmer, analyst dan orang-orang pintar lainnya)
  • infoware (manual application, SOP, cyber law dan lain-lain)

Mari kita simpulkan

  • Sejak zaman dahulu kala sampai sekarangm bahkan sampai di masa depan sekalipun,manusia akan selalu membutuhkan informasi. Jadi selamanya juga lulusan dari Teknik Informatika akan selalu diperlukan juga=D
  • Informasi adalah hasil olahan dari data
  • Komponen IT adalah hardware, software, firmware, brainware dan infoware

Untuk materi PTI, bisa di download dibawah ini:

Download Chapter 1

Download Chapter 2

Download Chapter 3

Download Chapter 4

Download Chapter 5

Download Chapter 6

Download Chapter 7

Download Chapter 8

Download Chapter 9

Download Chapter 10


beberapa Dilansir dari http://museholic.wordpress.com/