Assalamu’alaikum…

Salam Persahabatan, sob..

Sesuatu banget bila sesuatu yang sebenarnya sangat ringan untuk dilakukan tetapi ditinggalkan, padahal mengandung makna dan manfaat serta hikmah yang sangat banyak dan tidak terhitung.

Yah, Itulah Bismillah

Suatu kalimat yang -sangat enteng- untuk diucapkan dan mengandung nilai yang sangat besar dengan fadhilahnya yang bertumpah ruah. Namun, entah mengapa banyak diantara kita yang mungkin terlupa untuk mengucapkannya ketika hendak melakukan sesuatu kebaikan.

“Bismillahirrahmanirrahiim”.. Kata yang singkat, tapi banyak makna serta bermanfaat.

Dalam suatu keterangan, bahwa sedikit mengenai lafadz bismillahirrahmaanirahiim memiliki makna “Dengan menyebut Nama Allah Yang maha pengasih Maha Penyayang” atau dalam bahasa jawanya

“Kelawan Nyebut Asamane Gusti Allah Ingkang Moho Welas lan Moho Asih”

Sifat Alah yang Welas dan Asih bisa kita gambarkan dalam diri kita semua.

Allah memiliki sifat welas, yaitu contohnya kita diberikan mata, dan sifat asih yang berarti mata itu bisa digunakan untuk melihat.

Allah memiliki sifat welas, seperti halnya kita diberikan tangan, dan sifat asihnya berarti tangan itu bisa digunakan untuk melakukan aktifitas.

Salah satu hikmah mengucapkan Bismillah sebelum beraktifitas adalah agar kita selalu ingat kepada Sang Pencipta Alam raya, yaitu Allah SWT sehingga dalam pekerjaan kita bisa lebih diberikan petunjuk Oleh-Nya dan diberikan kemudahan dan yang paling penting agar aktifitas kita juga diridloi serta bernilai ibadah.

Keterangan diatas hanya sekelumit kecil dari ribuan makna Bismillah. Sobat bisa cari dan cari lagi makna dan fadhilah mengucapkan Bismillah sebelum melakukan aktifitas apapun sehingga bisa lebih meresapinya dan merasa sangat kehilangan bila sampai terlupa tidak mengucapkannya.

Jadi, di posting pertama ini, tak lupa saya memulai web ardan7779.web.id ini dengan Bismillah, agar kedepannya bisa bermanfaat bagi banyak ummat guna sarana informasi yang cepat, akurat, hikmat dan manfaat bagi siapapun yang singgah dan membaca artikel-artikel disini.

Baca Juga  Nashaihul 'Ibad: Dahulukan Adab Daripada Ilmu

anda juga bisa ikut berkontribusi dalam mengisi web ini, mengenai artikel apapun asalkan bisa bermanfaat bagi orang lain dan tidak mengandung unsur sara, pornografi, atau unsur negatif lainnya. Dan tak lupa, akan kami tampilkan sumber tulisan tersebut (Sang Penulis) agar tidak ada unsur plagiat atau yang lainnya.

silahkan kirimkan artikel-artikel terbaik anda ke :
– Email        : [email protected]
– Telegram    : @ardan7779

Selamat berkarya, selamat berbagi..

salam dari kami, semoga semuanya semakin berkah..

Wassalamu’alaikum..

 


Salam Hangat, ardan7779

sumber gambar: https://onehdwallpaper.com/