Makna Alif Lam Mim Menurut Tafsir Al Ibris – Majelis Waqiah Indonesia

Makna Alif Lam Mim Menurut Tafsir Al Ibris - Majelis Waqiah Indonesia

Ngaji Tafsir al Ibris Juz 1, dilaksanakan ketika Majelis Waqi’ah Indonesia yang disampaikan oleh Ustadz Zainal Arifin al Nganjuki. Bersama warga Merjosari Malang.

Waqi’ahan akhir bulanan Juli 2018 ini merupakan pertama diselenggarakan di Masjid al Ikhlas Rw. 9 Perum Joyogrand Merjosari Malang. Dalam majelis yang semoga penuh berkah tersebut, selepas pembacaan maulid diba’ dan doa, Ust. Zainal Arifin menyampaikan beberapa hal, diantaranya ngaji Tafsir Al Ibris.

Surat pertama setelah al Fatihah adalah surat Al Baqarah. Merupakan surat Madaniyah yang mengandung 286 ayat.

Makna Alif Lam Mim didalam Tafsir Al Ibris.

Tafsir AL IBRIZ JUZ 1 - Makna Aliflam

Tafsir AL IBRIZ JUZ 1 – Makna Aliflam

Ada beberapa tafsir yang membahas makna dibalik lafadz alif lam mim (الم) yang merupakan kalimat awal surat al Baqarah (dan beberapa surat lain). Makna sejati dari alif lam mim tidak ada yang mengetahui kecuali Allah SWT. Namun, beberapa ulama ada yang berpendapat bahwa kalimat alif lam mim memiliki makna:

Alif: Allah

Allah, merupakan dzat yang sangat agung. Dialah Tuhan alam semesta.

Lam: Latfhif

Lembut, Maha kasih. Merupakan dzat Allah yang maha kasih, dalam bahasa jawa (Maha Welas). Semua mahkluk didunia ini mendapatkan welasnya Gusti Allah.

Mim: Majiid

Maha Agung. Allah merupakan dzat yang maha agung, maha besar. Tidak ada makhluk yang bisa menyamai-Nya.

Jadi, jika dikumpulkan makna tersebut menjadi: Allah yang Maha Kasih dan Maha Agung. Allah ingkang Moho Welas Moho Agung.

Makna Alif Lam Mim selanjutnya: Untuk Awalan Kalimat

Seperti halnya ketika kita sedang berkumpul untuk sebuah rapat, ketika rapat belum dimulai maka beberapa peserta ada yang mengobrol sendiri-sendiri dan untuk memulainya rapat perlu kata-kata atau dengan mengetuk palu (duk, duk, duk) pembuka untuk menenangkan peserta dan seakan “menarik hati” peserta rapat agar tenang, diam, mendengarkan karena rapat sudah dimulai.

Baca Juga  Abah Mukhlas: Menangislah! Jika tidak bisa, Berlatihlah.

Begitu juga Alif Lam Min. Kata yang unik ini dibacakan sebelum berlanjut lebih jauh membacakaan ayat-ayat suci al Qur’an, agar manusia tenang, diam, mendengarkan karena kalamullah sedang dibacakan.


Begitulah sedikit makna Alif Lam Min yang saya dapat didalam Malam Pertama Majelis Waqiah Indonesia Rutin Senin Terakhir setiap bulan. Semoga bisa memberikan sedikit pengetahuan dan menfaat. Majelis ini juga akan berlanjut setiap senin akhir bulan, mulai ba’da isya jam 19.30 (tepat waktu) dan selesai jam 20.30 Insyaallah. Dan dibawah ini merupakan poster pengumuman pengajian yang kemarin..

Barokallah Lii wa Lakum.. Amiin

Majelis Waqiah Indonesia Malang - Akhir Juli 2018

Majelis Waqiah Indonesia Malang – Akhir Juli 2018

Ardan7779

Seorang hamba, pengharap ridlo Allah dan syafaat Rosulullah.

You may also like...

Berikan Tanggapan