Halo sobat! Gimana siangmu hari ini..? Pastinya harus tetap mensyukuri apa yang kita dapatkan, walau panas menerpa, badai menghalang. Apapun itu, stay say Alhamdulillah.

Kali ini aku mau sharing sedikit pengalaman merakit sendiri power amplifier dengan menggunakan TDA7266SA dan menghasilkan power sebanyak 2×40 Watts RMS.

Namun sebelumnya, mohon maaf bila banyak kekurangan dan masih sederhana sekali karena saya sendiri bukan anak elektro. Sebatas pemuda yang sedikit ingin mengisi waktu luang dan beberapa kenangan yang ingin terbuang, eehh.. 😅

Sebelum merakit power amplifier ini, kita perlu mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Semuanya sangat mudah didapat di pasar online maupun offline, juga tidak akan merogoh kocek terlalu dalem.

Alat-alat yang dibutuhkan:

  • Solder + tenol
  • Cutter
  • Gunting

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Kit Amplifier 2×40 watts, bisa di dapat disini seharga hanya Rp.15.000,-.
  • Elco kapasitas 4700, 50v, bisa didapat disini dengan harga 4000 / satuan atau di toko electric terdekat.
  • Dioda 3Amp. Bisa didapat di toko electric terdekat.
  • Socket RCA stereo, bisa didapat disini, atau di toko terdekat.
  • Heatsink / pendingin transistor. Disini saya memakai bekas amplifier saya yang sudah rusak. Sobat juga bisa mendapatkan nya di toko electric terdekat.
  • Konector PCB ke Kabel 3 pin (1 buah), dan 2 pin (3 buah) biasanya berwarna biru.
  • Kabel untuk ngerangkai secukupnya. Disini saya pakai kabel dari USB charger HP yang sudah rusak. Di buang kulit luarnya, saya ambil dalamannya. Biasanya kabelnya warna warni. Sobat juga bisa beli di toko dengan nama kabel pelangi.
  • Trafo 2 Amp. (Bisa CT atau biasa) tapi disini saya menggunakan trago CT.

Ok, waktunya kita ke tahap merangkai. Tidak sulit, karena semua sudah ada panduan di tempat kit power amplifier nya.

Yang pertama, aku coba merangkai power supply nya terlebih dahulu. Fungsi power supply adalah untuk menyediakan kebutuhan listrik / power yang dibutuhkan rangkaian. Untuk rangkaian diatas perlu menggunakan power DC 12 Volt dengan daya 2 Ampere.

Saya menggunakan trafo merek BIG original 2 Ampere CT (Center Tap) yang mana bisa menyediakan power secara simetris (biasanya power amplifier professional menggunakan trafo model CT).

Namun, karena rangkaian diatas adalah rangkaian sederhana, jadi hanya perlu menggunakan power dc biasa, bukan CT. Untuk membuat power supply dari trafo CT, bisa melihat rangkaian dibawah ini:

Lingkaran merah sebelah kiri adalah jalur masuk dari trafo CT, sedangkan kanan adalah jalur keluar dari rangkaian power supply yang digunakan menuju kit Amplifier diatas. Jika trafo sobat semua bukan trafo jenis CT, maka rangkaian power supply menjadi seperti ini:

Penggunaan elco / kapasitor juga bisa ditambahkan dengan cara dirangkai seri, sehingga bisa menampung lebih banyak power. Setelah power supply sudah siap, saatnya merangkai kit power amplifier.

Untuk merangkai cukup mencocokkan komponen dengan gambar yang sudah ada di pcb. Dan kemudian di solder. Yang perlu diperhatikan adalah pemasangan elco jangan sampai kebalik antara + dan -. – elco tandanya adalah ada garis di pinggir tabungnya (kawat lebih pendek). Dan + nya adalah kawat lebih panjang.

Kemudian, sambungkan output speaker R dan L ke masing2 socket biru di PCB. Dan input audio disambungkan ke Socket RCA stereo. Jangan lupa, sebelum dipasang, Transistor perlu dipasang heatsink yang berfungsi untuk pendinginan agar transistor tidak terlalu panas. Jadilah seperti apa yang saya rangkai. Ya walau masih agak semrawut. Hehe

Oh iya, di rangkaian saya itu juga ditambahkan dengan potensio stereo yabg berfungsi untuk pengaturan volume amplifier tersebut. Untuk memasang potensio stereo ke amplifier, bisa dengan cara berikut:

Galery:

Diatas adalah beberapa hasil dari apa yang saya rangkai. Sobat juga bisa bikin sendiri. Walau sederhana, kalau ngerangkai sendiri akan terasa puas san bisa di kreasi se kreatif mungkin menurut versi sobat semua.

Mungkin itu sedikit yang bisa saya share. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua. Oh iya, bagi yang mau tanya-tanya atau komentar, jangan sungkan. Silahkan tuliskan di kolom komentar dibawah ini atau biaa kirim email, tertera di halaman about. . .

Salam hangat,

Ardan7779 .