Dahsyatnya Istiqomah – Gambaran Hitungan Matematika

Dahsyatnya Istiqomah - Gambaran Hitungan Matematika ico

Hitungan matematika pada gambar dibawah ini menunjukkan bahwa walaupun hanya ada sedikit perubahan sederhana, namun jika engkau lakukan hal itu setiap hari secara kontinyu, niscaya kelak engkau akan mendapatkan hasil yang besar.

Dahsyatnya Istiqomah | Gambaran Hitungan Matematika

Walaupun perubahan itu ada di dua angka dibelakang koma, namun jika dilakukan terus-menerus secara istiqomah, maka akan sangat berbeda hasilnya jika dibandingkan dengan tidak ada perubahan sama sekali.

Sama halnya kita sebagai manusia, harus ada perubahan (walau sangat sedikit) untuk menjadi lebih baik.

Ada suatu maqolah (Perkataan Penuh Hikmah) yang menyadarkan kita untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik.

من كان يومه خيرا من أمسه فهو رابح. ومن كان يومه مثل أمسه فهو مغبون. ومن كان يومه شرا من أمسه فهو ملعون

“Barangsiapa yang harinya sekarang lebih baik daripada kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang harinya sama dengan kemarin maka dia adalah orang yang merugi. Barangsiapa yang harinya sekarang lebih jelek daripada harinya kemarin maka dia terlaknat.”

Maqalah diatas juga sangat sinkron dengan perumusan matematika tersebut. Bagaimana manusia harus selalu berubah menjadi lebih baik walau sedikit. Jangan sampai stagnan, karena akan tidak berubah suatu apapun. Apalagi lebih buruk karena sedikit saja keburukan yang dilakukan secara berulang, maka akan menjadi suatu yang sangat besar dan akan disesali di kemudian hari.

KH. Baidlowi Muslich, Pengasuh PP Anwarul Huda Malang, pernah menulis buku dengan judul “Butir-butir Mutiara” yang didalamnya mencakup banyak sekali kalam-kalam hikmah. Salah satunya tertuang dalam gambar berikut

Kutipan Buku Butir-butir Mutiara

Keburukan / kemaksiatan, walaupun itu kecil, akan berakibat pada kotornya hati. Sama halnya jika ada sebuah operasi aritmatika jika nilainya dikurangkan walau sedikit namun dipangkatkan dengan jumlah pangkat yang besar, maka akan berbeda jauh dengan nilai sebelumnya. Maka dari itu penting untuk kita menjaga diri, berusaha menghindar dari perbuatan tercela walaupun itu kecil.

Baca Juga  Jangan Biarkan Malas Memperbudak Dirimu

Demikian sedikit apa yg bisa disampaikan, mohon koreksi jika ada kesalahan. Semoga bermanfaat.
*Sumber Foto: HamimHr, IG Ponpes ANwarul Huda.

Ardan7779

Seorang hamba, pengharap ridlo Allah dan syafaat Rosulullah.

You may also like...

Berikan Tanggapan