Ada tiga hal yang jika ummat manusia melakukannya, setanpun merasa bahagia:

1. Takut mlarat

Takut mlarat merupakan prasangka kurang baik yang hampir seluruh manusia memilikinya. Keadaan takut mlarat ini menyebabkan kekhawatiran yang berlebihan terhadap kekurangan hal duniawi, Sehingga membuat manusia malas beribadah, moh (enggan) zakat, MEDIT (pelit) dan sibuk hanya mencari harta, tahta, dan kesenangan lainnya.

2. Saling membunuh

Tak ada benarnya jika manusia saling bemusuhan, apalagi hingga melakukan pembunuhan. Mengambil nyawa seseorang merupakan hak prerogatif Allah SWT. Begitupun dengan bunuh diri, sangat tidak dibenarkan.

Seluruh manusia memiliki hak untuk hidup masing-masing. Allah telah menjamin rezeki setiap hamba-Nya dan begitupun juga menentukan sampai kapan umurnya.

3. Saling bertengkar

Hal ini yang sedang banyak terjadi di sekitar kita. Ada banyak konflik akhir-akhir ini yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Pertengkaran sama sekali tidak menyelesaikan masalah, malah menambah. Dan hal ini tentunya sangat disenangi oleh setan sebagai musuh haqiqi Ummat manusia. Setan tak suka manusia terutama ummat islam untuk semua bersatu.


Begitulah kiranya 3 hal yang membuat setan bahagia. Sekarang kembali kepada individu kita semua, apakah rela menjadi bahan tertawaan setan atau bergerak untuk melawan..?

Anda yang menentukan

.

Malang, 24 Maret 2018.

Disadur dari pengajian Jagad Sholawat, disampaikan oleh Ustadz Bayu selaku khodimul majlis. Mungkin dengan redaksi yang berbeda namun insyaallah maknanya sama.

Salam hangat, ardan7779.

Baca Juga  Keep Istiqomah