Brand and Series GPU Tier List – Cara Memilih GPU NVIDIA RTX 3060

Dalam memilih GPU, tentunya banyak sekali aspek yang harus diperhatikan. Mulai dari tujuan pemakaian hingga dapat memilih GPU yang sesuai dengan spesifikasi PC lainnya serta dapat menunjang penggunaan dengan sempurna. Tak hanya itu, Merek / Brand dari GPU juga perlu diperhatikan.

Banyak brand yang bekerjasama dengan NVIDIA untuk membuat GPU after market yang dapat kita pilih, diantaranya MSI, Gigabyte, ZOTAC, Colorful, Manli Galardo, Asus, dan lain sebagainya. Dan masing-masing brand memiliki tier list masing-masing, mulai dari yang basic single fan, hingga yang premium triple fan atau bahkan 4 fan.

Berikut ini beberapa detail tier list dari beberapa brand yang beredar di pasaran, dengan asumsi merupakan GPU seri NVIDIA yang sama, yang berarti sama-sama GTX 1660, atau sama-sama RTX 3070 namun dari brand dan serinya masing-masing yang berbeda. Contoh tier dibawah ini merupakan untuk seri GPU NVIDIA RTX 3060. Seri terbaik adalah yang teratas, diikuti seri dibawahnya (klik gambar untuk memperbesar):

Brand and Series GPU Tier List - NVIDIA RTX 3060

Tirelist diatas berdasarkan dari beberapa aspek, diantaranya kemampuan Overclock, TDP / Powerdraw, Cooling Sollution, VRM, dan lain sebagainya. Jika ingin lebih jelas dan detail, bisa tonton video sumber dibawah ini:

Naah, itu dia Brand and Series GPU Tier List yang bisa kita pertimbangkan. Namun, ini juga bisa berbeda hasilnya dengan apa yang kita dapatkan di pasaran, karena dalam komponen komputer, dikenal dengan istilah Silicon Lottery yang mana setiap part walau sama jenis, brand, dan serinya bisa jadi akan berbeda performanya.

Salam #MendingRakitPC 🙂

Baca Juga  Deepin OS in Review Distro Linux Yang "Memanjakan" Pengguna

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *