Review Aplikasi Al Qur’an Android Terbaik

Fitur Unggulan dan Favorit Quran for Android Terbaik

Dunia digital memang sudah merambah hampir di semua aspek kehidupan, mulai dari yang bernilai kebaikan maupun keburukan. Teknologi digital sangat luas penggunaannya, tergantung dari aktor yang akan memainkannya apakah untuk sebuah ketaatan, ataupun kemaksiatan.

Bagi ummat Islam, tentu menginginkan penggunaan teknologi sebagai sarana untuk menjalankan tugas dan kewajiban makhluk Tuhan, yaitu: Wa ma kholaqtul Jinna wal Insana illa liya’budun, yang intinya adalah kewajiban utama Jin dan Manusia itu adalah menyembah kepada Sang Kholiq, Allah Subhanahu wa Ta’ala. Salah satu implementasinya adalah menjadikan teknologi sebagai jalan menuju ridlonya, berupa pembuatan berbagai macam aplikasi bermuatan penunjang ibadah, kitab suci al Quran al Kariim. Mungkin ada berbagai macam aplikasi yang sangat bagus, namun kali ini saya share Aplikasi Al Qur’an Android terbaik yang menjadi favorit, sudah saya pakai sendiri sejak sekitar 4 tahun lalu yaitu Quran for Android.

Review Aplikasi Al Qur'an Android Terbaik

Quran for Android di Playstore

Review ini merupakan murni dari keinginan saya sendiri, bukan berniat beriklan melainkan bisa sebagai reverensi sobat semua yang ingin mempermudah membaca / menghafal al Qur’an dimanapun berada. Aplikasi ini sudah memiliki review 499,671 kali, dan dengan rata-rata start sangat baik yaitu 4.7 dan istimewanya, ini sama sekali GRATIS dan Bebas Iklan. Masyaallah, semoga developernya mendapatkan ridlo Allah SWT.

Review Aplikasi Al Qur'an Android Terbaik 2

Review Quran for Android di Playstore

Berikut Fitur-fitur favorit Quran for Android

*klik gambar untuk tampilan yang lebih besar, kemudian geser untuk menampilkan gambar disebelahnya. keterangan ada dibagian bawah gambar.

1. Memiliki dua mode tampilan, yaitu Night Mode dan Default

Fitur yang pertama ini yang sangat membantu jika hendak membaca al Qur’an di malam hari ataupun ketika gelap, sehingga mata cenderung tidak terlalu cepat capek karena cahaya yang dipancarkan oleh layar lebih sedikit. Baca Al Qur’an, mata pun akan lebih bisa tahan lama.

Baca Juga  Menilik Keistimewaan Doa Sholat Tahajud

2. Memiliki 3 Tab utama, yaitu berdasarkan Surat, Juz, dan Bookmarks

Tab ini berfungsi untuk memudahkan dalam pencarian al Quran yang hendak kita baca / hafalkan. Ketika mengklik tab Surat, maka akan diurutkan berdasarkan Surat. Ketika Juz, maka ditampilkan berdasarkan juz. Ketika Bookmarks, maka akan ditampilkan halaman terakhir yang kita baca juga halaman yang sudah kita tandai atau diberi TAG.

3. Bisa menandai ayat-ayat khusus

Tentunya ada sekian banyak ayat-ayat yang menurut kita memiliki keistimewaan tersendiri, baik dari segi kebutuhan hafalan, sebagai pengingat dalil suatu perkara syari, maupun catatan lain yang perlu ditandai agar dikemudian hari mudah cari lagi. Dan, Quran for Android memiliki fitur tersebut dan sangat mudah digunakan. Tinggal klik dan tahan beberapa detik ayat yang akan ditandai, kemudian pilih / buat tanda baru.

4. Bisa Langsung Mendengarkan Bacaan Qori’ Masyhur Internasional

Ada sekitar lebih dari 15 audio pembacaan AL Qur’an yang dibawakan oleh Qori’ Masyhur seperti Syekh Misyari Rosyid, Syekh Mohammad Ayyoub, dan lain sebagainya. Cara menjalankan pun sangat mudah. Di bagian bawah halaman ada pilihan nama Syekh mana yang akan diputar, lalu play. Atau bisa juga dengan memilih ayat berapa hingga berapa yang akan diputar. Jika pertama kali memutar audio, otomatis akan mendownload file2 audio terkait sehingga membutuhkan koneksi internet. Namun juga bisa di download secara langsung semua file-file audio seluruh isi al Quran dengan menggunakan fitur Audio Manager, sehingga hanya dibutuhkan koneksi ketika awal mendonwload dan tidak lagi di kemudian waktu. Fitur ini sangat berguna untuk mengetahui cara membaca yang mungkin belum kita fahami, seperti musykilatul ayat, atau harokat yang belum difahami.

Baca Juga  Tuhan Itu Kreatif - Sambutan Wali Kota Malang di Rumah MCF

5. Memiliki banyak terjemahan yang mudah di akses

Jika anda ingin mengerti arti dari bacaan AL Qur’an yang sedang sobat baca, bisa dengan fitur terjemahan yang sangat mudah digunakan. Pertama di menu setting (klik titik 3 dibagian pojok kanan atas), bagian translation, pilih bahasa apa aja yang akan didownload untuk terjemahannya. Kemudian untuk membukanya, bisa per-ayat atau per-halaman.

6. Memiliki banyak fitur lain yang sangat berguna

Masih banyak fitur lain yang bisa sobat coba. Misal fitur Arabic Mode yang akan merubah tampilan full text arab beserta tampilan berubah menjadi sebelah kanan, Fitur Download Amount yang berguna untuk mengatur audio didownload berdasarkan apa, fitur advance Export dan Import yang sangat berguna jika hendak berpindah HP atau sebagai backup database agar ayat-ayat atau halaman yang kita sudah tandai tidak hilang.

Quran for Android juga termasuk dalam al Qur’an ayat pojokan, yang berarti disetiap halaman, ditutup dengan ayat yang utuh. Memiliki rata-rata 10 lembar dalam setiap juz. Sehingga sangat memudahkan dalam mengingat posisi ayat / surat bagi sobat yang sedang menghafal.

Kekurangan Quran for Android

Yang namanya hasil karya manusia, pasti memiliki beberapa kekurangan yang semoga bisa diperbaiki selanjutnya, diantaranya:

  1. Belum memiliki fitur Sync otomatis dengan login, yang berguna untuk menyimpan page dan ayat, tag dan bookmarks secara otomatis, yang akan langsung tersingkron ketika pengguna login sehingga tidak perlu Export dan Import manual.
Baca Juga  Urgensi Santri Menulis Catatan Ngaji

Demikian Review Aplikasi Al Qur’an Android Terbaik yang bisa saya bahas disini, masih banyak kelebihan aplikasi ini yang belum saya sebutkan yang akan memudahkan bagi mereka, sobat semua, yang sering bepergian / travelling tetapi ingin tetap istiqomah, menghafal, muroja’ah Al Qur’an kapan saja dan dimana saja (sesuai adab tentunya) 🙂 

Selanjutnya, semoga kedepan akan lebih banyak aplikasi / media yang menunjang dan memudahkan kita dalam Taqarrub Ilallah, agar teknologi bisa lebih bermanfaat bagi Ummat. Semoga developer aplikasi tersebut dan aplikasi lain yang bermanfaat, kontribusinya bisa bernilai ibadah jariyah dan mendapat Ridlo Allah SWT. Amiiin..

Salam hangat, semoga bermanfaat.

ardan7779

Ardan7779

Seorang hamba, pengharap ridlo Allah dan syafaat Rosulullah.

You may also like...

1 Response

  1. Aon says:

    Nice. Aplikasi ini masih istiqomah tak pakai sampai sekarang. Karena fiturnya faedah syekalii. Enak banget kalo dipakai hafalan.memudahkan. Ayat2 tertentu bisa diulang berkali2. Tidak harus satu surat. Hehe

Berikan Tanggapan