Cara Mengaktifkan Dual Monitor Dual VGA di PC Dell Optiplex 7010

Cara Mengaktifkan Dual Monitor Dual VGA di PC Dell Optiplex 7010

Halo sobat ardan, gimana kabar..? Semoga selalu sehat dan terjaga.

Hanya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang pemasangan dual monitor di PC Builtup Legendaris, Dell Optiplex 7010 yang kere hore banget, dengan procesor Intel Core i5 gen 3 nya. Oh nya, sebelum itu aku tulis spesifikasinya dulu ya. Seperti ini:

  • CPU: Intel(R) Core(TM) i5-3570 CPU @ 3.40GHz
  • RAM: 8.00 GB (7.89 GB usable)
  • GPU: Nvidia GT1030 ddr5 2GB
  • Casing, Mobo, dll semuanya bawaan pabrik (PC BuiltUp)

Sebelumnya, saya sudah mencoba untuk dual monitor dengan menggunakan tablet lama Advan T1J dan Aplikasi Spacedesk, yang sudah saya videokan di youtube. Bisa cek disini.

Namun, karena beberapa alasan, saya tetap harus membeli monitor lagi untuk mode vertical yang sangat berguna untuk kenyamanan membaca E-Book, Paper, Ngoding dll. Namun, setelah menabung dan membeli monitornya, ada beberapa permasalahan yang menyebabkan sempat tidak bisa terpasang dual monitor secara bersamaan. Maka perlu di utak atik dan akhirnya alhamdulillah bisa 😀 Okaay, langsung saja disimak cara berikut ini.

Cara Mengaktifkan Dual Monitor di PC Dell Optiplex 7010

Anw, Intel Core i5 3570 memiliki Integrated GPU nya sendiri (Intel® HD Graphics 2500), sehingga sebenarnya kita bisa menggunakan komputer ini walau tanpa menggunakan GPU tambahan. Dan, sebenarnya SUDAH BISA DUAL (bahkan 3) MONITOR jika langsung menggunakan GPU yang ada di motherboard nya dengan port VGA, dan dual Display Port. Langsung saja colok ke portnya ke monitornya dan kemudian atur tampilannya di pengaturan displaynya.

Bagian depan dan belakang Dell Optiplex 7010 ( versi bawaan sudah ada 3 port untuk monitor ) VGA + 2 DisplayPort

Namun, biasanya memang kita perlu menambah VGA lagi untuk menunjang performa grafis kita. Misal pakai NVidia GT1030, Radeon, atau yang lain. Naah, ini yang nanti jadi persoalan. Jika kita colokkan GPU tambahan, maka otomatis VGA Integratednya intel ga berfungsi, alias hanya bisa menggunakan port monitor yang ada di VGA tambahan itu saja.

Baca Juga  Review Windroye, Android Dalam PC Windows.

Sebenarnya bisa dengan 1 monitor ke port HDMI VGA tambahannya, dan satu monitornya lagi ke port DVI-D nya. Namun, Saya tidak menggunakan cara itu karena masih membutuhkan full kekuatan GPU tambahannya (walau kentang :D) dipasangkan hanya ke 1 monitor untuk bermain game. Maka, alternatif saya harus menfokuskan VGA tambahan ke layar utama, sedangkan layar kedua menggunakan GPU dari Intel (untuk kerja yang ga terlalu berat)

Langkah-langkah mengaktifkan dual GPU di Dell Optiplex 7010:

  • DICOPOT DULU VGA tambahannya. Jika PC memiliki GPU tambahan (seperti punyaku GT1030 atau yang lain), agar menggunakan VGA Intel terlebih dulu. Lalu Install Intel HD Graphic 4000 / terbaru. Bisa download Intel HD Graphic Driver DISINI. Lalu install seperti biasa, restart, sehingga ketika klik kanan di dekstop, muncul propertisenya (berhasil terinstall dengan benar)
keterangan Intel HD graphicnya terpasang dengan benar.
  • Update BIOS nya dulu ke versi terbaru (A29). Bisa langsung download di web resminya Dell DISINI. Lalu, download yang Dell OptiPlex 7010 System BIOS versi A29. Lalu install seperti biasa, dan WAJIB di restart PCnya setelah proses instalasi. Ketika restart, maka otomatis BIOS akan ter FLASH dengan Bios terbaru. Tunggu sampai selesai dan JANGAN MATIKAN komputernya.
  • Masuk menu bios dengan cara, restart komputer. Ketika layar mati dan muncul logo Dell, langsung klik F2 yang banyak, agar tidak ketinggalan terlanjur masuk windowsnya. Masuk bagian pengaturan Video, set Primary Display menjadi Intel HD graphics. lalu di bagian Multi-Display centang “Enable Multi-Display“. Klik Save, dan restart.
pengaturan Video, set Primary Display menjadi Intel HD graphics
di bagian Multi-Display centang “Enable Multi-Display”
  • Mengapa Intel HD graphics yang jadi utama..? Ini berdasarkan pengalaman saja. Jika di BIOS yang dijadikan primary Display VGA Tambahannya, maka PC ga akan bisa nyala layarnya ((( blank ))). Sudah dicoba berulang kali, tetep blank. maka, di set menjadi Intel HD graphics sebagai primari, normal jaya.
  • Pasang Kabel Monitor Utama ke HDMI VGA tambahan, dan Monitor kedua (misal yang vertical) ke Display Port di Motherboard untuk menggunakan Intel HD graphics nya.
  • Atur Monitor kedua jadi yang utama (primary display). Masuk setting windows, klik bagian monitor kedua, dan centang bagian “Make This My Main Display”
Baca Juga  Perbandingan Performa VPS Digital Ocean vs Linode vs Upcloud

Selanjutnyaa, atur sendiri setup masing-masing PC kalian yaa.. 😀

Oh iya, berikut ini video pemasangan Dual Monitor Dell Optiplex 7010 yang kemarin sempat ada kendala, namun sudah bisa teratasi.

Demikian sharing singkat terkait Cara Mengaktifkan Dual Monitor Dual VGA di PC Dell Optiplex 7010. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari solusi terkait hal ini. Terimakasih.

You may also like...

Berikan Tanggapan