Hati-hati dengan akun telegram anda, ada yang mengincarnya!

telegram hack awas

Telegram sebagai salah satu Teknologi penyedia media pesan instant populer, semakin hari semakin besar dan banyak yang menggunakan, termasuk khususnya para developer, programmer, startup, dan pihak enterprises lainnya yang sudah lama menggunakan telegram sebagai media chatting dan diskusi online.

Keunggulannya di berbagai fitur, seperti fitur gif, stiker, emoticon, encript, channel, edit message, private chat, dekstop app, super group, dan lain sebagainya (yang sebagian juga sudah di adopsi oleh whatsapp) menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat luas, khususnya yang memiki kebutuhan developing program untuk membuat forum dan channel.

Namun, kamis 8 Februari 2018, saya sebagai pengguna telegram sejak lama tiba-tiba mendapat telpon dari entah siapa yang mengatasnamakan pihak telegram. Pihak tersebut dengan nomorย +62812718xxxxx menghubungi saya melalui telpon dan mengaku akan melakukan survei dari telegram.

“Selamat malam, bapak. kami dari pihak telegram sedang melakukan survei ingin menginformasikan. Bahwa per tanggal 10 februari 2018 telegram akan bisa digunakan untuk video call”

Pihak penipu juga menanyakan, saya menggunakan telegram untuk keperluan apa saja. Mungkin ini hanya sebagai pemanis agar terlihat seperti resmi sedang melakukan survei. Namun, setelah itu mereka meminta kode yang dianggap sebagai “kode survei” yang saya tau dari dulu, bahwa kode itu merupakan kode akses login jika kita ingin menggunakan telegram di platform lain.

“Kami kan sekedar survei, ada gak bapak terima kode survei dari kami pak..? bisa dibacakan kode surveinya..?”

Hmmmb.. saya langsung tau persis. Bahwa ini merupakan penipuan gaya lama. Berbicara layak sales, dan meminta kode akses. Kalau diperhatikan, suara yang saya dengar sekarang itu juga mirip dengan suara 2 tahun silam ketika saya mendapat telpon hadiah mobil dari bank tertentu. Haduuuu, apakah ini kebetulan..? :v

Kode akses dari telegram, ketika kita hendak login ke platform lain.

Sebenarnya, di awal sudah ada penjelasan dari pihak telegram bahwa “Jangan Pernah Membagikan Kode Akses itu Ke Siapapun, Pihak Manapun. Pihak Telegram Resmi Juga Tidak Pernah Memintanya untuk Apapun”.ย Jadi, kode itu murni kode hanya untuk akses login. Jika pihak lain tau nomer kita, dan tau kode akses tersebut, maka pihak itu bisa dengan leluasa memegang akses akun telegram kita.

Mengapa ini menjadi penting..?

Mungkin sebagian anda ada yang berpikiran, mengapa ini penting..? YA! ini sangat penting. Sekali pihak lain itu mempunyai akses ke akun telegram anda, mereka bisa mengakses seluruh pesan anda dan isi grup dan channel yang anda ikuti. Dan bisa dengan mudah mengambil hak akses akun anda secara keseluruhan, sehingga mereka bisa memata-matai apapun yang anda lakukan di telegram.

Baca Juga  Deepin OS in Review Distro Linux Yang "Memanjakan" Pengguna

Bahkan, yang lebih lagi jika telegram anda juga dipakai untuk deposit pulsa (Agen Pulsa), yang memang sekarang sedang ramai dikalangan mahasiswa khususnya. Jika pihak sana bisa akses akun anda, maka otomatis mereka dengan mudah bisa mengambil semua saldo pulsa yang ada pada akun agen pulsa anda.

Bagaimana jika sudaj terlanjur menyerahkan kode akses login..?

Jika pihak penipu sudah berhasil membuka akses akun telegram kita, maka otomatis di device kita akan keluar notifikasi login akun.

Jika sudah demikian, ikuti langkah untuk mengeluarkan akun telegram dari device lain dengan cara klik di Pengaturan -> Privasi dan Keamanan -> Sesi Aktif -> Hentikan Sesi Aktif yang lain.ย Dan, alangkah baiknya jika mengaktifkan verivikasi 2 langkah, untuk lebih mengamankan akun kita.

Oh iya, sebagai bonus. Diakhir post ini, saya sertakan rekaman telpon yang saya dapat. Saya sengaja merekamnya, karena sejak awal sudah curiga dengan suara yang “tidak asing” bagi telinga saya.

Jangan sungkan untuk tanya, atau komentar dibawah ini ya!

Salam Hangat, ardan7779.

Ardan7779

Seorang hamba, pengharap ridlo Allah dan syafaat Rosulullah.

You may also like...

104 Responses

  1. Wahyou says:

    Saya rekam ini 2x. Dikontak panggilan munculnya dari GOjek tapi ngakunya dari telegram. Pas saya tanyakan kok di panggilan nya dari GOjek ya pak, alasannya iya ada kerjaan dengan pihak GOjek. Pas saya tanyakan alamat kantor nya lagi berbeda dengan saat telpon sebelumnya. Padahal cuma selang 10 menit telpon nya karena tadi itu penipu telpon 2x. Saya kerjain aja dengan nyebutin kodenya ngasal sampai 5x g ada yang sesuai. Kata penipunya katanya kodenya kadaluwarsa. Mana saya tau…. ๐Ÿ™‚

  2. Wahyou says:

    Sama, saya juga baru saja ditelpon orang yang ngaku dari telegram. Minta kode gitu. Alasannya buat keamanan pelanggan. Suaranya juga persis dengan yang waktu itu ngaku dari GOjek. Minta kode juga. Dan telepon nya juga sama malam2. Parah nih penipu. Hati2 buat yang lain. Jangan pernah kasih kode aktivasi atau kode verifikasi apapun ke orang lain. Bahayaaaaโ€ฆ..!

  3. muawan uddin says:

    kalo punya saya menhentikan semua sesi aktif gag bisa boss
    gima tu ???
    eror muluk bacaannya

  4. ahmad says:

    saya koq malah terlanjur memberikan kode verivikasi gan. gimana solusinya?

  5. Lala says:

    Kalo sdh hentikan sesi aktif lainnya apakah sdh aman..? Krn.kemarin baru sj sy berikan kode ke penelpon..ma ksh..

  6. Andini says:

    Sya jga nih brsan dtlfon, itu sma persis d atas tp bedanya sya dpat hadiah 1jt sj๐Ÿ˜‚. Jd sy tnya sja iyah itu uangnya bgikan sj k yg lain

  7. Nur says:

    Makasih infonya gan,,klo boleh sy tanya knp telegram sy gk bersuara waktu tlpn ke teman di luar negri.nyambung tp sy gk dengar dia jg gk dengar.masalahnya atau solusinya gmn gan???
    Makasih sebelumnya gan.

  8. Natalia says:

    Mas yang baik
    mau tanya nih jika perangkat si hacker sudah tertanam sehingga saya tidak bisa menghapus aktive sessions dan verivikasi 2 langkah juga tidak mempan

    apa yang harus saya lakukan,

    mohon diberi pencerahan
    terima kasih

  9. Saya juga baru dapat telepon dari 081373887455 ngaku dari telegram, dan tanya menggunakan telegram untuk apa?
    Ya saya jawab ini dengan siapa saya berbicara, dan apa keperluan anda menanyakan saya menggunakan telegram untuk apa? langsung ditutup teleponnya wkwkwk

  10. Miswanda says:

    Mas saya mau tanya kalau saya tidak download aplikasi telegram tapi saya sudah terlanjur memberikan kode, apakah ada solusinya?

  11. Miswanda says:

    Mas saya mau tanya kalau saya blm sama sekali mendowload apl telegram tapi saya sudah terlanjur memberikan kode telegram, saya pakai apl pulsa dan sekarang sudah terblokir apakah ada solusinya.. mohon bantuannya

  12. Niss says:

    Makasih gan. Barusan sy terlanjur kasih kode krn sy ditelpon pas bangun tidur. Jd rada panik gitu. Tp langsung sy lakukan langkah2 penanganan

    • Ardan7779 says:

      Ok, Sama2 gan. Semoga masyarakat luas bisa lebih ter-edukasi terkait dengan ciri2 tindak penipuan agar tidak banyak jatuh korban, dan si pelaku capek sendiri, kemudian kapok dan mencari rezeki yg lebih terpuji (halal)

  13. Udin says:

    Saya juga baru aja semalem dpt telfon minta kode alasan bla2 untung tdk saya kasih.. ..cuma masalahnya kenapa sebelum dia telfon telegram mengirim kode itu.ke nomorku .. Kan aneh apa bisa kode itu diminta bukan dari nomer hpqu.. …terus kalau sekedar kode kan penipu bisa aja coba2 masukin nomer sembarang la wong hanya 4 digit aja mohon pencerahannya mas.. Tks

    • Ardan7779 says:

      Jadi kode itu sebenarnya autentifikasi untuk memastikan bahwa yg minta kode merupakan pemilik asli. Jadi kan kalau mau login masukan nomor hp. Nah, habis itu telegram memastikan dengan mengirim kode itu.

      Semua orang bisa minta kode itu asal tau nomor hp akun telegramnya.

  14. Iin yulianti says:

    2 hari yg lalu Sy di Tlp dan tanpa sadar Krn sibuk Sy kasihlah kode telegram tersebut dan Sy baru buka pesan dr telegram skrg dan skrg juga baru Sy ikuti petunjuk pengamanan…bagmana ya mas…apa bermasalah nantix dengan akun Sy…

  15. Ayu says:

    Maaf mas tadi saya baru aja dapet telpon kaya yang di atas juga pake nomor ibu saya di hp ibu saya kan jualan pulsa tapi hp nya bukan android terus itu gimana bakalan tetep kena atau ada akibat lain.. Makasih mohon bantuan nya

    • Ardan7779 says:

      Kalau jualan pulsa tanpa pakai android, kan otomatis tidak menggunakan telegram mas. Jadi insyaallah aman2 saja. Tapi juga tetap hati2, soalnya banyak penipuan jaman sekarang.

  16. Ayujihan... says:

    Saya juga baru dapat telpon minta kode verifikasi habis itu saya kasih dia kode nya, dia telpon nya di hp ibu saya yang jualan pulsa tapi hp nya bukan hp android itu gimana???

  17. Feni Lestari says:

    barusan saya dapat telpon ngaku dari telegram jakarta.. trs ada sms telegram ngirim kode.. reflek ngomong kodenya.. hadeh.. udah ku matikan sesi sesi aktif.. swmoga ga terjadi apa apa

  18. Nuning says:

    Hapus semua sesi mksud nya itu ‘hapus semua sesi aktif’.. ??

  19. Nuning says:

    Mas saya sudah trlanjur kasih kode nya, trs krn feeling gk enk aq buka aplikasi telegram dan ada pesan dr telegram sperti diatas, lalu aq ikutin langkah2 telegram. Tp yg aq dulukan verifikasi 2langkah trs hapus semua sesi aktif. Gpp kah klo urutannya gitu.??

  20. Kalila21 says:

    Hadeh kenapansesi akyifnya g bisa di apus ya mas… Telegram ane kena hack… Semua kontak di mintain tf 2jt…. Padahalbsesi aktifnya dah dnpencet tapi error tgus… Trus malah telegram bs masuk dr aplikasi lain lg …
    Nama nya Plus messenger……

  21. Lala says:

    Mas punya sy juga eror terus waktu mau di end session, ada tulisannya ,untuk menjaga keamanan, anda bisa logout di aplikasi lama anda atau tunggu beberapa jam, gmna ya mas?

  22. Annisa Sabila lidyawati says:

    Baru aja aktifin telegram sugah ada yg mau ngehak. โ€ฆโ€ฆ. Untung saja ga ke tipu , makasih sobat atas informasinya

  23. ahmad says:

    Klo saya udah terlanjur kasih kode dan habis semua saldo pulsa di transfer, langsung sesi aktip di non aktifkan dan uninstall telegram nya trus Sekarang download ulang tapi pake nomor yg k-2. Apakah nomor yg k-1 masih bisa di akses sama si penipu ga ya pakai kode yg saya kasih? Sedangkan nomor yg k-1 aktip sebagai data seluler di hp ini.

  24. Mas ,saya terlanjur membrikan kode itu,trnyata ada pesan dari telegram bahwa ada yg selain saya mencoba masuk.segera saya lakukan petunjuk itu dengan menghapus aktif sesi yang ada dn melakunan verivikasi 2 langkah dn ternyata bisa.yang saya tanyakan apakah telegram dan email saya aman ya mas karena saya sudah terlanjur memberikan kode itu ? Mohon pencerahannya .

    • Ardan7779 says:

      Kode itu sifatnya sekali pakai kog mas. Jadi kalau sudah berhasil ditangani, maka aman. Asalkan Jangan sampai memberikan kode itu lagi ke siapa saja, karena fungsinya untuk akses login.

  25. Yunie says:

    Ternyata banyak jg yg di telfon ngaku dr telegram spt saya… Dasar penipu… Untung g sy kasih kodenya… Mksh mas… Uda kasih info ttg hal ini… Mudah mudahan penipunya kapok & g ada lg…

  26. junaedi desliantara says:

    ikut berbagi pengalaman, tepat hari kemarin 24/09/2018 saya di telpon sama no +6281379913072 mengatas namakan dari pihak DISKOMINFO menanyakan tentang telegram, menanyakan akun telegram sya digunakan untuk apa saja? kemudian mengingaktan tidak boleh memberikan kode verifikasi apapun karena banyak penipuan. Saya tidak memberikan kode verifikasi atau data yang bersifat privasi. akan tetapi setelah berselang beberapa menit akun telegram saya kena hack dan yg diretas akun saldo pulsa all operator saya, awalnya saldo pulsa saya Rp. 465.000 setelah saya sadar ternyata saldo saya habis tinggal Rp. 775,- . Yg menjadi pertanyaan saya tidak memberikan kode verifikasi apapun tapi akun telegram saya bisa kena hack? untuk sekarang akun telegram saya sudah dipulihkan kembali bahkan sudah menggunakan verivikasi 2 langkah.

    • Ardan7779 says:

      Waduh, itu lumayan banyak mas nominalnya ๐Ÿ™ – Sebenarnya seharusnya tidak akan bisa login, kalau tidak memberikan kode, atau mungkin si penipu punya tick lain untuk mengetahui kodenya.

      Iya mas, lebih baik dan aman menggunakan verifikasi 2 langkah.

      • Bagus says:

        Saya sangat prihatin, telegram ada verivikasi akun via panggilan +44 dan itu digunakan penipu untuk ambil kode, 5 digit terakir adalah kode login. Jadi penipu telf dan menanyakan apakah dapat telf dari +44? Penipu menyampaikan kalau no +44 itu adalah hacker yg bisa membobol akun, setelah itu penipu minta no lengkap +44 untuk dilaporkan.. Padahal no +44 adalah kode login. Penipunya sangat aktif

  27. Sobirin says:

    Raib sudah pulsa saya

  28. NONi says:

    2 hari yg lalu telegram sy di hack. Awalnya ada pesan dr nomor teman sy dg kalimat โ€œinfo. Kalo ada telp dr no +44 tlg screenshot dan kirim ke syโ€. Setelah itu tiba2 ada telp dari +44 dan sy angkat langsung mati. Jd krn penasaran sy screenshot dan kirim ke teman saya. Setelah itu ada pesan dr telegram bhw akun sy login d device lain. Sy jd bingung. Kemudian ada teman sy yg lain telp dan menanyakan kenapa sy mnt di screenshot cal dr +44. Sy jd tambah bingung. Jd ternyata stlh sy buka privacy setting, sudah ada session lain yg online dr 2 device di area pulau jawa. Langsung sy terminate. Jd sekedar info kpd teman2 utk lebih hati2. Modus baru ini menurut sy cukup canggih krn tidak meminta kode akses. Ada yg tau gmn cara kerjanya kok bs sprti itu?

    • Ardan7779 says:

      ada sedikit artikel mas, bisa dibaca disini. Terutama di bagian akhir
      https://thehackernews.com/2018/09/hack-telegram-messenger.html

    • sama kaya saya, tepat kemarin tgl 5/10/2018. jadi klo diperhatikan no yang +44********** itu ternyata 5 digit terakhir sama dengan kode verifikasi telegram. makanya ketika dia minta no +44*** tersebut, itu sama aja kita ngasih kode verifikasi telegram.

    • Muhammad Taufik says:

      Kasusnya sama banget kyk yg saya alami siang td. Yg jadi permasalahan adalah setelah saya kirim ss yg nlpn saya, akun telegram saya hilang, tiba2 akun saya logout sendiri. Pas saya coba login lagi dg nmr yg sama, malah masuk ke akun baru (gk ada foto, bio, atau riwayat chat pd akun telegram saya yg lama). Bener2 kosong.
      Kalo udh gini, ada solusi nya gk ya mas? Apa gk bakalan ada masalah nantinya?

  29. Abi says:

    Gimana tolongin atuh. Udah masuk nih si hacker. Minta tolong ga bisa di terminate… please WA ane 081249737748.. serius please ga ngerti kudu gimana..

  30. Khoirun Niswati says:

    Makasih kak sangat membantu

  31. Nur muji says:

    Maaf dah sya terminate all other session kok gak bisa ya?

    Ada balasan unknown error..

    Gmn solusi bos?
    Makasih sebelumnya..

  32. Sulaiman says:

    Bos minta penjelasn ia. Sy bru bru2 knak pnipuan di telegram dgn modus hampir sm.. Bgi yg tau solusiny 085258604604 no wa sy, sy mau curhat kronologix. Mohon bantuanx uag sy hilag 1jt lbih. Mohon bantuanx nerbagi kbaikn itu mulia. .Sy mgharapkan kbaikn kalian smua yg ahli telegram..

    • Ardan7779 says:

      Sepertinya kalau memang uangnya sudah berpindah tangan, agak susah mencari celah untuk dikembalikan.

      Yg bisa dilakukan adalah mencegah itu terjadi lagi, mas.

      Saya turut prihatin atas apa yang terjadi sama mas.

  33. Sulaiman says:

    Klo anda sahabat smua rela brbagi kbaikn.. Mohon bantuanx mski hax skedar solusi lisan atau tulisan.. Sy sgt meghrapkan keiklasn yg ahli telegram. Trimkasih sebelumx..

  34. Roni says:

    Wowwwโ€ฆ Barusan ane juga ada yg nelfon,kronologi nya sma banget,tpi untung nya ane juga udah curiga,dan akhirnya ane sebutin code palsuโ€ฆwkwkwk
    Dan pas trakhir liat pp wa nya,kok dri pihak telegram no wa nya cwe bugil..๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    Alhamdulillah slamett.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

  35. Lien says:

    AKun sy sdh dkuasai hacker. Setiap mau login, kode verifikasinya lgsg terkirim k perangkat lain. Gmn solusinya gan? Sy mau hapus akun dr telegram. Mhn bantuannya. Trmksh

    • Ardan7779 says:

      Nomer yg dipakai telegram nya masih aktif kak..?

      Coba download baru telegram, login pakai nomor yg sama. Nanti kan verifikasi nya di kirim ke nomor terkait.

      • Anindita 05 says:

        Nah kasus si mas nya sama nech, nmr saya udh di hack dan msh aktif, mau login ga bisa kode verif nya terkirim ke perangkat lain. Gimana donk ini ๐Ÿ˜ฅ

  36. Widi says:

    Terus kaLau ada penelfon bernomor telkomsel biLangnya dari kominfo trus minta nomor +44……. Nya itu benar kominfo kah?

  37. alba says:

    makasih sangat mmbantu
    baru kemarin akun sy kena hack. sy pnjual pulsa all operator. lgsg raib deposit pls sy.
    baru nyadar juga kok akun sy ganti dg no.yg tidak sy knal? kira2 sousiny gmn ms?

  38. Anan says:

    Bang saya mau tanya , tadi saya iseng2 cari kencan online terus suruh ngasih no handphone dan juga suruh ngasih kode 5 digit.udah saya kasih , terus dia bilang aku hack kamu dan dia suruh ngasih uang jika tidak mau dipenjarakan solusinya gimana bang?

  39. Iin says:

    Mohon bantuan nya, kalo akun telegram saya hilang chat, dll nya. Kenapa ya?

  40. Tari says:

    Assalamu allaikum…
    Apakah akun TG yg sdh delete akun masih bisa kembali lg ?
    Krn sebelumx akun sy ada yg pake gara2 sy kasi kode (serasa terhipnotis)

    Kalau bisa, apakah ketika saya aktifkan kembali dia masih bisa memakai akun sy?

  41. demas says:

    selamat sore mohon bantuan nya saya mau login tele di PC sebelum nya saya sudah menggunakan menu Terminate All Other Sessions dan sudah pakai verifikasi 2 langkah namun pas saya mau login di pc dengan memasukan no hp ada notif “too many tries. please try again later” apakah nanti saya akan bisa login kembali? terimakasih

    • Ardan7779 says:

      Seharusnya Bisa. Tunggu saja, sekitar beberapa jam atau 1×24 jam.
      Itu soalnya ada orang lain yang coba iseng ogin terus ke akun kamu dengan mencoba-coba dengan password / kode authentifikasi yang berbeda-beda berkali-kali.

  42. Martini WH says:

    Akun telegram saya ada yg hack lali saya uninstall di hp saya tapi begitu ibstall kembali code aktivasi kenala tidak terkirim ke hp saya malah seakan2 terkirim ke spp other device bagaimana aga code terkirim ke no hp saya

  43. Ayuu says:

    Cara mengatasi telegram yang too many attempts, gimna yah?

  44. Eka says:

    Asalamualaikum kak,..
    Telegram sya smlam kena hack oleh si penipu ,.nlp minta no verifikasi dan sya kasih,..truz baru sadar kalo org ini maubnipu,truz sy ikuti cara di atas ,tapi di sesi aktiv nya kok lokasi nya di sumatera utara ya,..lokasi yg pnya penipu ini yg nmpil..
    Padahal kan saya tggal di sumatera selatan ,..gimana tuh kak ,tolong mita solusi nya ..

  45. Fazri says:

    Ini kasus nya sama seperti saya, tapi saat saya mau hapus sesi aktif malah gak bisa ada notif demi keamanan anda tidak bisa menghapus sesi aktif lainnya tunggu beberapa saat lagi. Malah saya yang selalu dihapus sama si pembajak gan, bahkan hingga sekarang ada notif bahwa saya terlalu serung login, sehingga tidak bisa login. Mohon solusi nya bagaimana cara menghapus sesi aktif, soalnya gak bisa bisa udah sering saya lakukan masih tetap seperti itu. Terima kasih

  46. Novi says:

    Kemaren saya baru install telegram,,pas siap masukan no telp tunggu no verivikasi saya di telp dari no Texas,stelah di angkat di matikan…apakah telegram saya dan no hp saya aman ??????

  47. Nani says:

    Kalo sy sekarang mau loggin lagi,infonya selalu sdh dikirim ke perangkat lain,jd no saya tdk bis dipkai buat telegram lagi,,ini gimana ya
    Supaya sy bisa pakai no saya lgi

  48. sisrysy says:

    saya dari grab pak dan dapat hadiah satu juta katanya dan saya memberikan kode nya pak gimana itu pak

  49. Nurhasan says:

    Maaf gan mau nanya nih, akun telegram sy jg ada yg bajak nih, modus nya sama seperti di atas, tanpa sadar saya kasih tau nomer verifikasi nya, trus langsung saya delete aplikasi nya dan nmr nya masih saya aktivkan tanpa ada data internet nya, apakah aplikasi itu masih bisa di pake SM mereka, mohon penjelasan nya

Berikan Tanggapan