Hay sobat semua. Kali ini aku bakal sedikit sharing, mengupas tentang salah satu distro linux favoritku yang sampai saat ini aku pakai yaitu Deepin yang merupakan turunan debian dari Linux. Ada banyak hal hal menarik yang sobat semua harus tau nih. Langsung saja ya, sebelum berangkat berkebun, sembari menikmati dinginnya pagi di awal tahun ini.

Deepin OS merupakan suatu distro linux yang cukup populer, terutama bagi mereka yang suka memanjakan mata dengan tampilan yang menyegarkan. Salah satu Distro yang Elegant, mudah dipakai, dan cocok untuk pemula. dengan menggunakan deepin, orang awampun akan terpesona dalam pandangan pertama. 😀

Sebelumnya, untuk instalasi tidak jauh beda dengan cara menginstall distro linux yang lain seperti Ubuntu, Linux Mint dll. Silahkan sobat mencari referensi yang banyak tersedia di internet.

 

Kali ini aku memakai Deepin versi 15.4.1 yang kalau boleh saya bilang, ini adalah distro yang paling “memanjakan” penggunanya. Ok, Kita kupas satu persatu.

Tampilan Dekstop

Ditampilan awal dekstop, kita akan mendapati sebuah tampilan yang terlihat “segar dan menyegarkan”. Tampilan yang elegant, dengan sudah terpasang dock yang sangat memudahkan dalam  pengoprasiannya.

Dari sini kita bisa dengan mudah untuk mengganti dan mengatur tampilan dekstop mulai dari background, resolusi layar, tampilan dan configurasi dock dapat dengan mudah di akses. Juga bisa mengganti “style” dari dock yang ada, mau dijadikan smarthide, keephide, keep show, tampilan klasik atau effisien, dan lain sebagainya.

 

Juga tersedia fitur yang memudahkan untuk pencarian aplikasi yang akan kita pakai.

Tersedia Sidebar Control

Salah satu yang menarik adalah tersedia sidebar control yang berisi berbagai configurasi sistem. Seperti halnya yang sudah-sudah ada di pasaran, namun dengan tampilan yang lebih segar dan menawan.

Dari sini kita bisa mengatur dengan mudah profil, display, Default Application, Warna dan Tema, Wireless Connection, Bluetooth, Audio, Time and date, Power Management, Mouse and keyboard, Update System dan information dengan hanya bermodalkan “klik-klik” dan mudah di akses, tak perlu takut dengan dilema terminal yang umumnya menghiasi linux.

Baca Juga  Perbaiki Niat Memperbaiki Diri

Di Sidebar ini juga tersedia update setting yang akan sangat memudahkan kita untuk memilih berbagai macam repository untuk keperluan update sistem dan lain sebagainya. Disini juga sudah tersedia fitur “test speed” yang akan meninjau repository mana yang tercepat dan effisien di daerah kita.

File Manager Sangat Firendly

Di instalasi default Deepin sudah tersedia File Manager yang sangat mudah digunakan, tentunya juga tampilan yang menawan. Tersedia pilihan penampilan juga. Mau dijadikan tampilan “grid” atau “list”. Dibagian kanan bawah juga tersedia untuk meng-zoom tampilan atau bisa juga menggunakan kombinasi “ctrl+scroll” untuk mengatur besaran tampilan.

Di File Manager ini, juga dimudahkan dalam pengelolaan “Removable Disk” seperti Flashdisk atau hardisk Eksternal. Terlihat di samping kiri sebelah tulisan disk yang ada, terdapat tanda Eject atau remove, juga tersedia di bagian dock pada dekstop.

Yang lebih “Creepy” lagi, di file explorer ini sudah tersedia “Open in terminal” dan “open ini new window as admin” sehingga sangat memudahkan dalam pengaksesan file sebagai ROOT atau administrator, tidak perlu mengakses terminal dan menghafal sekian banyak baris perintah.

Deepin Store

Deepin OS juga dilengkapi dengan “Deepin Store” yang menawan dan sangat memudahkan pengguna dalam instalasi berbagai Software Fungsional Linux dengan hanya meng klik-klik tanpa harus mengakses terminal dan menulis kode baris perintah. Tinggal pilih kategori, atau bisa menggunakan fitur search untuk mencari aplikasi yang kita butuhkan. Kemudian “Install”. Done!

Dengan Deepin Software ini, kita juga bisa memberi rating dan komentar untuk aplikasi yang kita pakai, meng-Uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai. Disini juga tersedia berbagai macam game yang siap untuk sobat semua mainkan.

Baca Juga  Cara Mengembalikan Pulsa Tersedot Karena Problem Paket Yellow Indosat

Penggunaan Multi Finger di Touchpad

Deepin OS ini juga mendukung penggunaak kombinasi  beberapa jari di touchpad untuk mengakses berbagai shortcut yang diperlukan. seperti 3 jari geser ke atas, untuk fullsize jendela aplikasi, 4 Jari ke samping untuk berpindah workspace, 2 jari ke atas / ke bawah untuk scroll. Ini akan sangat membantu pengguna dan memudahkan melakukan kegiatan di komputer.

Performance (Base On Experience)

Untuk performaance, deepin ini cukup lihay dalam mengoptimalkan sistem yang berjalan. Aku pakai untuk develop aplikasi menggunakan Android Studio + Emulator Genymotion lancar jaya. Bahkan didalam system monitor, penggunaan CPU dan RAM cenderung stabil dan optimal

Untuk menjalankan Localhost dan Databasepun tidak ada masalah. Apalagi untuk penggunaan umum sehari-hari seperti WPS Office untuk keperluan perketikan, GIMP dan inScape untuk desain, Deepin Music dan Video untuk keperluan multimedia, OpenShot untuk Editing Video semua lancar tidak ada masalah yang berarti.

Kekurangan

Yang namanya produk manusia tak luput dari kekurangan yang ada. Di Deepin ini secara general berjalan lancar, namun ada beberapa kendala yang pernah saya alami. Seperti Slack ketika menjalankan begitu banyak aplikasi yang berat-berat (Namun masalah seperti ini juga ditemui di OS lain dan distro linux lain). Juga Kepekaan koneksi wifi yang menurut saya kurang kuat dibandingkan dengan HP / OS lain namun masih bisa ditolerir karena perbandingan yang tidak seberapa.

KESIMPULAN

Nah, gimana Sob? Mantab kan Distro Linux yang satu ini. Sangat cocok sangat recommended bagi sobat-sobat semua yang ingin belajar Linux tetapi belum punya dasar apa-apa terkait terminal dan lain sebagainya. Juga sangat cocok untuk pengerjaan harian dan develop aplikasi.

Langsung saja sedot sob, Bagi yang tertarik mungkin bisa langsung download and install now

Baca Juga  Menyikapi Perayaan Hari Valentine.

https://www.deepin.org/en/2017/07/21/deepin-15-4-1-released/

Setelah terbiasa dan cinta dengan produk opensource linux, sobat semua bisa mencoba distro-distro linux yang lain untuk upgrade skillnya.

Sekian semoga apa yang dibahas kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk berikan komentar dan subscribe ke gubuk digitalku ini.
Salam Santai..! 🙂

.

.
Purwokerto, 2 Januari 2018.
Sumber Pict: Laptop Pribadi.