Perbandingan Performa VPS Digital Ocean vs Linode vs Upcloud

Halo Sobat, kali ini aku bakal share sedikit terkait VPS (Virtual Private Server) yang rekomended banget buat kamu yang pengen ngeHOST dengan kecepatan maksimal. Pemakaian VPS sendiri untuk kebutuhan web / blog yang sudah memiliki trafik banyak.

Penggunaan VPS lazim digunakan untuk website yang sudah menempati trafik / kunjungan perhari cukup banyak, sehingga membutuhkan server yang stabil dan kuat serta cepat. Kelebihan VPS juga resource yang digunakan adalah hak kita sendiri, hanya kita yang memakai tanpa terganggu pengguna lain (Seperti halnya di shared hosting yang menerapkan pembagian resource).

Ada banyak penyedia VPS yang  tersebar di seluruh dunia, namun kali ini kita lihat perbandingan dari 3 penyedia VPS yang sudah ramai diperbincangkan dan digunakan orang. Sekarang juga sudah banyak penyedia VPS yang menawarkan “Paket Hemat” yaitu dengan harga $5 usd untuk layanan 1 bulan.

Kita lihat perbandingan performa dari beberapa penyedia VPS yang lazim ada di dunia maya, Yaitu Digital Ocean, Linode, dan Upcloud.

Perbandingan Performa VPS Digital Ocean, Linode, dan Upcloud

Perbandingan Performa VPS Digital Ocean, Linode, dan Upcloud

Disini ada beberapa point yang akan kita bahas untuk ketiga penyedia tersebut:

Aspek Model CPU

  • Digital Ocean, menggunakan Intel XEON E5-2650 v4 dengan kecepatan 2.20 GHz
  • Linode, Menggunakan Intel XEON E5-2680 v3 dengan kecepatan 2.50 GHz
  • Upcloud, menggunakan Intel XEON E5-2687w v4 dengan kecepatan 3.00 GHz

Dari aspek CPU diatas, tentu Upcloud lebih unggul dari penyedia yang lainnya.

Aspek CPU MHz

  • Digital Ocean: 2199.998
  • Linode: 2499.996
  • Upcloud: 299.994

Untuk kali inipun, upcloud lebih unggul.

Aspek Cache Size

  • Digital Ocean: 30720 KB
  • Linide: 16384 KB
  • Upcloud: 16384 KB
Baca Juga  Hati-hati dengan akun telegram anda, ada yang mengincarnya!

hmmmb, ternyata ada perbedaan posisi untuk Cache Size nya. kali ini Digital Ocean lebih unggul, sedangkan Linode dan Upcloud  menempati posisi dua dengan nilai yang sama.

Pilihan ada ditangan anda

Untuk diketahui, pengelolaan VPS memerlukan skill pengelolaan server seperti memahami dasar-dasar perintah terminal linux (Jika Menggunakan OS Linux). Jadi jika sobat semua masih belum faham dan trafik website nya belum terlalu banyak, belum disarankan untuk menggunakan VPS.

Namun, kalau sobat ingin belajar VPS tidak apa-apa. Untuk di Upcloud yang sudah saya bahas diatas, ada kode promo yang bisa sobat pakai untuk mendapatkan credit $25 USD ketika mendaftar. Jadi bisa untuk pemakaian 5 bulan untuk paket $5 perbulan.

Jika KLIK DISINI untuk mendapatkan credit langsung $25. Atau mendaftar seperti biasa dengan memasukan Kode Promo 8P845N

upcloud Promotion Code $25 USD

upcloud Promotion Code $25 USD

Oh iya, perlu diingat bahwa dalam registrasi juga memerlukan Kartu Kredit, untuk yang belum punya bisa menggunakan kartu Jenius dari BTPN.


Sekian apa sedikit apa yang bisa saya share disini, semoga bisa bermanfaat. Belajar tak harus menunggu nanti. Mulai dari sekarang, SOB! 😀

*Gambar dari rekan saya, Yos Beda.

Salam Hangat, ardan7779.