Cara Mudah Memasang SSL Gratis dari Letsencrypt ke CPanel

Cara Mudah Memasang SSL Gratis dari Letsencrypt ke CPanel works

Halo sobat ardan, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana Memasang SSL Gratis dari Letsencrypt ke CPanel dengan mudah.

Okay, sebelumnya penggunaan SSL dalam sebuah website saat ini merupakan sebuah kebutuhan yang cukup penting, karena Google pun sudah mulai menerapkan algoritma dimana web ber-SSL kastanya lebih tinggi ketika proses pencarian daripada yang tidak ber-SSl. Selain itu, jika web tidak memiliki Sertifikat SSL, maka sangat sering terjadi “pencekalan” oleh browser bahwa web tersebut tidak aman seperti berikut:

Petingatan / pencekalan WEB tanpa SSL di Chrome Browser

Ini terjadi karena browser berusaha melindungi pengguna dari web-web yang dirasa “tidak aman”. Namun, SSL sendiri merupakan layanan yang berbayar seperti dari Comodo SSl, Dodaddy, Digicerts dan lain sebagainya dengan harga yang lumayan untuk kita yang masih pemula. Untungnya ada penyedia SSL gratis yaitu Let’s Encrypt yang bisa kita pakai. Berikut tampidan SSL yang sudah aktif (ada tanda gembok ijo disamping domain nya)

Status SSL Aktif dari Let's Encrypt dan Gembok Ijo
Status SSL Aktif dari Let’s Encrypt dan Gembok Ijo

Okay, langsung saja kita bahas Cara Mudah Memasang SSL Gratis dari Let’s encrypt ke CPanel

Buka https://www.sslforfree.com/ dan memasukan nama domain

Tampilan Awal sslforfree.com

Kemudian masukan domain anda yang akan diinstall SSL. Ingat, domain tanpa www / http / https. Jadi cukup domainnya saja, misal domainanda.com kemudian klik Create Free SSL Certificate. Kemudian tunggu sebentar, domain ber www akan otomatis juga ter generate.

Melakukan Verifikasi Domain

Kemudian ada tiga pilihan yang bisa dipakai untuk melakukan verifikasi. Namun, saya lebih sering menggunakan cara manual yaitu melalui upload file ke Web Hosting nya.

3 Pilihan cara verifikasi domain sslforfree.com

Klik “Manual Verification” dibagian tengah itu, Kemudian akan muncul dibawahnya dan klik “Manually Verify Domain”

Manually Verify SSL
Langkah-langkah selanjutnya dari sslforfree.com

Download 2 file dari sslforfree.com kemudian upload ke hosting

Setelah mendownload kedua file “Download File #1” dan “Download File #2“, upload ke CPanel. Buka dan login ke CPanel kalian, dan buka “File Manager”. Kemudian masuk ke dalam folder “public_html” buat folder “.well-known” dengan tanpa tanda petik namun jangan lupa ada . (titik) nya didepan well.

Jika ada kendala bahwa folder sudah ada, maka diaktifkan dulu “Show Hide File / Folder” di bagian Setting di pojok kanan atas File Manager.

Cara Mudah Memasang SSL Gratis dari Letsencrypt ke CPanel (13)
Masuk ke folder “public_html”
Membuat Folder Baru di File Manager CPanel
Membuat Folder Baru di File Manager CPanel
Buat Folder .well-known
Buat Folder .well-known

Setelah membuat folder .well-known, maka masuklah ke folder .well-known tersebut dan buat folder baru dengan nama “acme-challenge” didalam .well-known tersebut.

Baca Juga  Langkah Awal Belajar Python di Windows
Buat folder .well-known dan acme-challenge, kemudian masuk ke folder acme-challenge tersebut
Buat folder .well-known dan acme-challenge, kemudian masuk ke folder acme-challenge tersebut (abaikan folder pki-validation)

Setelah itu, UPLOAD ke dua file yang tadi sudah di download sebelumnya. Klik tombol Upload di bagian atad, dan pilih filenya.

Upload File di File Manager CPanel
Upload File di File Manager CPanel
Upload 2 File yang tadi sudah di download
Upload 2 File yang tadi sudah di download

Lakukan Verifikasi dengan meng-klik dua link yang ada di Langkah nomor 5, jika muncul kode-kode dari web / domain anda, atau terjadi download file yang sama (ditandai ada nomor tambahan di belakang nama file), maka verifikasi sukses.

Tambahkan Sertifikat SSL dari Let’s Encrypt ke SSL Wizard CPanel

Setelah di upload, kembali ke halaman home CPanel dan buka SSL Manager nya. Dan buka “Install and Manage SSL for your site (HTTPS)” – Manage SSL sites.

Membuka SSL Manager di CPanel
Membuka SSL Manager di CPanel
Buka Install and Manage SSL
Buka Install and Manage SSL

Setelah itu, perlu diperhatikan setiap kode yang ter-generate dari sslforfree.com yaitu ada Certificate (CRT), Private Key (KEY), dan Certificate Authority Bundle (CA Bundle) kemudian pastekan ke dalam form di SSL Manager CPanel sesuai dengan nama form nya. Jangan sampai ada yang terlewat kode-kodenya. Cara mudahnya, di kode yang ter-generate di sslforfree.com klikkan kursor di bagian dalam form dan klik CTRL+A kemudian CTRL+C, lalu di SSL Wizard CPanel arahkan kursor ke dalam form sesuai judulnya dan CTRL+V.

Sebelum di pastekan kode SSL dari sslforfree.com
SSL Manager Sebelum di pastekan kode SSL dari sslforfree.com
Setelah di pastekan kode SSL dari sslforfree.com. jangan lupa pilih domain yang akan di install SSL
Setelah di pastekan kode SSL dari sslforfree.com. jangan lupa pilih domain yang akan di install SSL

Kemudian klik “SAVE”

Tanda SSL Terpasang dengan benar, Klik OK.
Tanda SSL Terpasang dengan benar, Klik OK.

Okay, sampai disini sebenarnya sudah selesai untuk Pemasangan SSL dari Let’s Encrypt kedalam Domain di CPanel. Namun, kamu juga bisa mendapatkan update berkala ketika SSL di domain kamu akan expired, jadi bisa diperbarui ketika sebelum masa aktifnya habis. Yaa Namanya gratisan, perlu manual setiap 3 bulan sekali. Langsung masukan saja Email dan Password kamu dan klik “Create Account” di sslforfree.com tadi (di bagian atas kode SSL yang sudah ter generate).

Mendaftar / Login ke sslforfree.com untuk mendapat pemberitahuan jika SSL hampir expired
Kode-kode yang ter-generate di sslforfree.com untuk SSL domain kamu, dan Mendaftar / Login ke sslforfree.com untuk mendapat pemberitahuan jika SSL hampir expired

Okay, sampai disini yaa sobat. Jelas dan sudah sukses diterapkan..? Bagikan agar banyak orang bisa juga menerapkannya. Masih bingung dan ada kendala..? Jangan sungkan tuliskan di dalam kolom komentar dibawah ya!

Baca Juga  Cara Mudah Mengganti Versi PHP di SSH/Shell Cyberpanel

Salam Bloger Power..!

You may also like...

2 Responses

  1. Pandji Arb. says:

    Worked gan! thanks.

  2. fauzi says:

    thank you bro, really helpful!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *