Cara Mengaktifkan Dual Monitor Dual VGA di PC Dell Optiplex 7010

Halo sobat ardan, gimana kabar..? Semoga selalu sehat dan terjaga.

Hanya ingin berbagi pengalaman sedikit tentang pemasangan dual monitor di PC Builtup Legendaris, Dell Optiplex 7010 yang kere hore banget, dengan procesor Intel Core i5 gen 3 nya. Oh nya, sebelum itu aku tulis spesifikasinya dulu ya. Seperti ini:

  • CPU: Intel(R) Core(TM) i5-3570 CPU @ 3.40GHz
  • RAM: 8.00 GB (7.89 GB usable)
  • GPU: Nvidia GT1030 ddr5 2GB
  • Casing, Mobo, dll semuanya bawaan pabrik (PC BuiltUp)

Sebelumnya, saya sudah mencoba untuk dual monitor dengan menggunakan tablet lama Advan T1J dan Aplikasi Spacedesk, yang sudah saya videokan di youtube. Bisa cek disini.

Namun, karena beberapa alasan, saya tetap harus membeli monitor lagi untuk mode vertical yang sangat berguna untuk kenyamanan membaca E-Book, Paper, Ngoding dll. Namun, setelah menabung dan membeli monitornya, ada beberapa permasalahan yang menyebabkan sempat tidak bisa terpasang dual monitor secara bersamaan. Maka perlu di utak atik dan akhirnya alhamdulillah bisa 😀 Okaay, langsung saja disimak cara berikut ini.

Cara Mengaktifkan Dual Monitor di PC Dell Optiplex 7010

Anw, Intel Core i5 3570 memiliki Integrated GPU nya sendiri (Intel® HD Graphics 2500), sehingga sebenarnya kita bisa menggunakan komputer ini walau tanpa menggunakan GPU tambahan. Dan, sebenarnya SUDAH BISA DUAL (bahkan 3) MONITOR jika langsung menggunakan GPU yang ada di motherboard nya dengan port VGA, dan dual Display Port. Langsung saja colok ke portnya ke monitornya dan kemudian atur tampilannya di pengaturan displaynya.

Bagian depan dan belakang Dell Optiplex 7010 ( versi bawaan sudah ada 3 port untuk monitor ) VGA + 2 DisplayPort

Namun, biasanya memang kita perlu menambah VGA lagi untuk menunjang performa grafis kita. Misal pakai NVidia GT1030, Radeon, atau yang lain. Naah, ini yang nanti jadi persoalan. Jika kita colokkan GPU tambahan, maka otomatis VGA Integratednya intel ga berfungsi, alias hanya bisa menggunakan port monitor yang ada di VGA tambahan itu saja.

Sebenarnya bisa dengan 1 monitor ke port HDMI VGA tambahannya, dan satu monitornya lagi ke port DVI-D nya. Namun, Saya tidak menggunakan cara itu karena masih membutuhkan full kekuatan GPU tambahannya (walau kentang :D) dipasangkan hanya ke 1 monitor untuk bermain game. Maka, alternatif saya harus menfokuskan VGA tambahan ke layar utama, sedangkan layar kedua menggunakan GPU dari Intel (untuk kerja yang ga terlalu berat)

Langkah-langkah mengaktifkan dual GPU di Dell Optiplex 7010:

  • DICOPOT DULU VGA tambahannya. Jika PC memiliki GPU tambahan (seperti punyaku GT1030 atau yang lain), agar menggunakan VGA Intel terlebih dulu. Lalu Install Intel HD Graphic 4000 / terbaru. Bisa download Intel HD Graphic Driver DISINI. Lalu install seperti biasa, restart, sehingga ketika klik kanan di dekstop, muncul propertisenya (berhasil terinstall dengan benar)
keterangan Intel HD graphicnya terpasang dengan benar.
  • Update BIOS nya dulu ke versi terbaru (A29). Bisa langsung download di web resminya Dell DISINI. Lalu, download yang Dell OptiPlex 7010 System BIOS versi A29. Lalu install seperti biasa, dan WAJIB di restart PCnya setelah proses instalasi. Ketika restart, maka otomatis BIOS akan ter FLASH dengan Bios terbaru. Tunggu sampai selesai dan JANGAN MATIKAN komputernya.
  • Masuk menu bios dengan cara, restart komputer. Ketika layar mati dan muncul logo Dell, langsung klik F2 yang banyak, agar tidak ketinggalan terlanjur masuk windowsnya. Masuk bagian pengaturan Video, set Primary Display menjadi Intel HD graphics. lalu di bagian Multi-Display centang “Enable Multi-Display“. Klik Save, dan restart.
pengaturan Video, set Primary Display menjadi Intel HD graphics
di bagian Multi-Display centang “Enable Multi-Display”
  • Mengapa Intel HD graphics yang jadi utama..? Ini berdasarkan pengalaman saja. Jika di BIOS yang dijadikan primary Display VGA Tambahannya, maka PC ga akan bisa nyala layarnya ((( blank ))). Sudah dicoba berulang kali, tetep blank. maka, di set menjadi Intel HD graphics sebagai primari, normal jaya.
  • Pasang Kabel Monitor Utama ke HDMI VGA tambahan, dan Monitor kedua (misal yang vertical) ke Display Port di Motherboard untuk menggunakan Intel HD graphics nya.
  • Atur Monitor kedua jadi yang utama (primary display). Masuk setting windows, klik bagian monitor kedua, dan centang bagian “Make This My Main Display”

Selanjutnyaa, atur sendiri setup masing-masing PC kalian yaa.. 😀

Oh iya, berikut ini video pemasangan Dual Monitor Dell Optiplex 7010 yang kemarin sempat ada kendala, namun sudah bisa teratasi.

Demikian sharing singkat terkait Cara Mengaktifkan Dual Monitor Dual VGA di PC Dell Optiplex 7010. Semoga bisa bermanfaat bagi yang sedang mencari solusi terkait hal ini. Terimakasih.

Dunio Iki, Nek Terus Dituruti Gak Bakal Mari-mari

“Aku ingin begini, aku ingin begitu. Ingin ini ingin itu banyak sekali…”

Penggalan lagu ost. Doraemon yang sangat akrab di telinga kaum 90-an ini memang sangat sesuai dengan apa yang sering kita temui saat ini. Berbagai hal yang kita inginkan begitu banyak yang kerap kali terfikir terus-terusan, bahkan ketika menghadap Sang Khaliq yang seharusnya kita fokus menghambakan diri, justru teringat dengan suatu hal yang kita inginkan.

Kita merasa sangat senang sesaat setelah kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Mendapat Handphone baru, suenengnya… Laptop / PC baru, alhamdulillah seneng banget, Mobil / Rumah baru masyaallah, nikmat sekali. Kita harus selalu mensyukuri apa yang kita dapatkan itu semua. Bersyukur kepada Dzat yang secara nyata memberikan itu semua dengan melalui berbagai perantara, Allah SWT. Namun, ada hal yang perlu kita perhatikan ketika kita menginginkan sesuatu, terutama yang berkaitan dengan kesenangan dunia.

Memenuhi keinginan dan kesenangan dunia. selagi itu halal dari segi dzat dan cara mendapatkannya, sama sekali diperbolehkan (mubah). Namun kita perlu hati-hati. Dunia saat ini dipenuhi dengan berbagai macam kesenangan yang bisa kita dapatkan dengan mudah, barang-barang branded, mahal, necis, atau keinginan yang dibutuh-butuhkan (aslinya tidak terlalu butuh) yang digunakan untuk memenuhi keinginan kita bisa jadi melalaikan kita untuk menginginkan sesuatu hal yang lainnya.

Seperti halnya mengikuti tren teknologi yang sangat cepat ini, hampir tidak akan ada habisnya. Ada keluar HP terbaru dengan spesifikasi semakin canggih, kita ingin memilikinya. Padahal, HP yang lama pun masih sangat baik dan berfungsi dengan semestinya serta sudah mencukupi kebutuhan kita. Namun, karena keluar “yang terbaru” dan dengan dijuluki berbagai macam nama “xxx killer, terbagus saat ini, limited edition” maka kita pun bisa saja terbawa untuk ikut membelinya. Jika sampai jadi membelinya karena hanya berdasarkan “keinginan”, maka tak lama kemudian keluar model baru lagi dan kita pun bisa dengan mudah terbawa kembali untuk memiliki model terbaru tersebut. Dan seterusnya, sampai hampir ga ada habisnya.

Dunio Iki, Nek Terus Dituruti Gak Bakal Mari-mari

Dunia ini, kalau terus dituruti gak akan ada berhentinya (akan selalu kurang)

Begitulah kita harus mawas diri, berhati-hati bahkan kepada sesuatu yang sebenarnya halal dan diperbolehkan. Jika yang halal saja perlu berhati-hati, apalagi yang haram..? maka, kita perlu berlatih untuk bisa menahan diri ketika menginginkan sesuatu. Apakah itu benar-benar kita butuhkan, atau hanya mengikuti hasrat keinginan, gengsi, atau bahkan ingin memamerkan diri.

Semoga kita semua terhindar dari gaya hidup dunia yang berlebihan, amiin..

Langkah Awal Belajar Python di Windows

Haloo.. Disini saya hanya hendak menulis catatan kecil yang pernah saya alami ketika belajar python, terutama python3 dan saya menggunakan Windows 10 sebagai sistem operasinya. Disini saya masih awam banget dengan python, dan bahkan belum pernah mendapat materi di bangku kuliah. Selain untuk kebutuhan dunia data science kedepan, saya juga ingin belajar dan explore bagaimana pengalaman dengan bahasa python dalam dunia pemrograman.

Disini saya menggunakan Anaconda Navigator sebagai platform belajar python nya karena disitu sudah tersedia beberapa tools yang memudahkan untuk belajar python. Langsung saja ke website resminya dan download sesuai versi yang kalian inginkan, atau bisa langsung klik https://repo.anaconda.com/archive/Anaconda3-2020.07-Windows-x86_64.exe untuk versi windows 64bit.

Tampilan Awal Anaconda Navigator

Jika menginstall Anaconda Navigator, maka otomatis akan menginstall python juga secara default. Namun, python tersebut belum bisa di akses langsung dari CMD.exe windows (malah mengarah ke windows store untuk install python lagi). Maka, perlu langkah-langkah agar python bisa langsung diakses melalui cmd.

Cara Mengatasi Python Tidak Terdeteksi di CMD Windows 10 Setelah Install Anaconda Navigator

  • Buka Anaconda Navigator, lalu “launch” / jalankan “CMD.exe promt” (pojok kiri atas di tampilan awal anaconda)
  • Lalu ketik “where python” di terminal. Maka akan muncul direktori dimana sebenarnya Python itu terinstal.
  • Lalu buka Start menu, dan ketik “System env” dan buka “Edit the System Environment“. Kemudian klik “Environment Variables“. Lalu dibagian system variables klik “path” -> “Edit“. Kemudian klik “New” -> “Browse” dan cari direktori yang sudah terinstal oleh anaconda (langkah sebelumnya). Lalu tambahkan root direktori untuk Anaconda, /Scripts, dan /Library/bin. Untuk kasus komputer saya berarti di C:\ProgramData\Anaconda3\ lalu klik OK, tambah C:\ProgramData\Anaconda3\Scripts klik OK dan tambah C:\ProgramData\Anaconda3\Library\bin klik OK. Sehingga, python bisa langsung kita akses melalui cmd tampa perlu membuka anaconda lagi. Lihat gambar dibawah ini:
Cara Mengatasi Python Tidak Terdeteksi di CMD Windows 10 Setelah Install Anaconda Navigator
hasil penambahan path setelah instal Anaconda di Windows

Untuk membuktikannya, silahkan buka cmd melalui menu start. Lalu klik “Python“. Maka akan muncul versi python nya dan Anaconda, Inc. yang menjelaskan bahwa python tersebut diinstal melalui Anaconda Navigator. Dan sekarang kita bisa langsung mengakses dan menjalankan python melalui cmd.

Mengakses dan Tes Python melalui CMD Windows 10

Catatan Belajar Python Pemula (pake banget)

Demikian dulu yaaa,.. 🙂 Masih mau lanjut explore dulu. Semoga kedepan masih bisa nulis catatan lagi. Selain buat pribadi agar kelak ketika lupa masih ada catatan sendiri (mudah difahami), juga yaaa mungkin ada manfaatnya buat yg lagi baca.

Hati-hati dengan akun telegram anda, ada yang mengincarnya!

Telegram sebagai salah satu Teknologi penyedia media pesan instant populer, semakin hari semakin besar dan banyak yang menggunakan, termasuk khususnya para developer, programmer, startup, dan pihak enterprises lainnya yang sudah lama menggunakan telegram sebagai media chatting dan diskusi online.

Keunggulannya di berbagai fitur, seperti fitur gif, stiker, emoticon, encript, channel, edit message, private chat, dekstop app, super group, dan lain sebagainya (yang sebagian juga sudah di adopsi oleh whatsapp) menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat luas, khususnya yang memiki kebutuhan developing program untuk membuat forum dan channel.

Namun, Telegram akhir-akhir ini dijadikan media penipuan yang sangat masif dengan modus pencurian akun atau telegram dibajak. Hacker / pembajak mencoba login ke akun kita untuk mencuri data / saldo pulsa / melakukan penipuan atas nama kita. Contoh awal yang saya alami sendiri pada hari kamis 8 Februari 2018, saya sebagai pengguna telegram sejak lama tiba-tiba mendapat telpon dari entah siapa yang mengatasnamakan pihak telegram. Pihak tersebut dengan nomor +62812718xxxxx menghubungi saya melalui telpon dan mengaku akan melakukan survei dari telegram.

“Selamat malam, bapak. kami dari pihak telegram sedang melakukan survei ingin menginformasikan. Bahwa per tanggal 10 februari 2018 telegram akan bisa digunakan untuk video call”

Pihak penipu juga menanyakan, saya menggunakan telegram untuk keperluan apa saja. Mungkin ini hanya sebagai pemanis agar terlihat seperti resmi sedang melakukan survei. Namun, setelah itu mereka meminta kode yang dianggap sebagai “kode survei” yang saya tau dari dulu, bahwa kode itu merupakan kode akses login jika kita ingin menggunakan telegram di platform lain.

“Kami kan sekedar survei, ada gak bapak terima kode survei dari kami pak..? bisa dibacakan kode surveinya..?”

Hmmmb.. saya langsung tau persis. Bahwa ini merupakan penipuan gaya lama. Berbicara layak sales, dan meminta kode akses. Kalau diperhatikan, suara yang saya dengar sekarang itu juga mirip dengan suara 2 tahun silam ketika saya mendapat telpon hadiah mobil dari bank tertentu. Haduuuu, apakah ini kebetulan..? :v

Kode akses dari telegram, ketika kita hendak login ke platform lain.

Sebenarnya, di awal sudah ada penjelasan dari pihak telegram bahwa “Jangan Pernah Membagikan Kode Akses itu Ke Siapapun, Pihak Manapun. Pihak Telegram Resmi Juga Tidak Pernah Memintanya untuk Apapun”. Jadi, kode itu murni kode hanya untuk akses login. Jika pihak lain tau nomer kita, dan tau kode akses tersebut, maka pihak itu bisa dengan leluasa memegang akses akun telegram kita.

Mengapa ini menjadi penting..?

Mungkin sebagian anda ada yang berpikiran, mengapa ini penting..? YA! ini sangat penting. Sekali pihak lain itu mempunyai akses ke akun telegram anda, mereka bisa mengakses seluruh pesan anda dan isi grup dan channel yang anda ikuti. Dan bisa dengan mudah mengambil hak akses akun anda secara keseluruhan, sehingga mereka bisa memata-matai apapun yang anda lakukan di telegram.

Bahkan, yang lebih lagi jika telegram anda juga dipakai untuk deposit pulsa (Agen Pulsa), yang memang sekarang sedang ramai dikalangan mahasiswa khususnya. Jika pihak sana bisa akses akun anda, maka otomatis mereka dengan mudah bisa mengambil semua saldo pulsa yang ada pada akun agen pulsa anda.

Bagaimana jika sudah terlanjur menyerahkan kode akses login..?

Jika pihak penipu sudah berhasil membuka akses akun telegram kita, maka otomatis di device kita akan keluar notifikasi login akun.

Jika sudah demikian, segera ikuti langkah untuk mengeluarkan akun telegram dari device lain dengan cara klik di Pengaturan -> Privasi dan Keamanan -> Sesi Aktif -> Hentikan Sesi Aktif yang lain. Dan, alangkah baiknya jika mengaktifkan verivikasi 2 langkah, untuk lebih mengamankan akun kita.

UPDATE Mei 2020..!

Untuk menghapus sesi akun di device lain, telegram membuat kebijakan bahwa yang bisa mematikan sesi di device lain yaitu yang sudah login beberapa jam. Jadi jika kamu baru login dan hendak mematikan sesi lain, maka akan ditolak dengan alasan keamanan.

Peringatan tidak bisa hapus sesi di device lain

Jika kamu mendapatkan peringatan seperti itu ketika hendak mematikan sesi di device lain, maka solusinya adalah cari HP / Laptop yang sebelumnya sudah login telegram sejak lama, kemudian lakukan langkah mematikan sesi dari sana atau tunggu beberapa jam berikutnya dan coba lagi untuk mematikan sesi login.

Berikut ini cara mematikan sesi aktif telegram di device lain terbaru mei 2020

  1. Buka aplikasi telegram, klik “Setting”
  2. Klik “Devices” untuk melihat sesi mana saja yang sedang login ke telegram kita
  3. Klik “Terminate All Other Sessions” untuk mematikan / logout dari semua devices kecuali yang sedang kita pakai / login sendiri.
  4. Klik “Terminat” untuk konfirmasi logout dari devices lain

Sampai situ sudah beres dan akun telegram kita sudah berhasil dikeluarkan dari device lain secara paksa. Jangan lupa langkah selanjutnya yaitu jangan sekali-kali memberikan kode OTP (One Time Password) dan jika perlu tambahkan “Cloud Password” yang akan menambah keamanan akun kita.

Oh iya, sebagai bonus. Diakhir post ini, saya sertakan rekaman telpon yang saya dapat. Saya sengaja merekamnya, karena sejak awal sudah curiga dengan suara yang “tidak asing” bagi telinga saya.

Jangan sungkan untuk tanya, atau komentar dibawah ini ya!

Salam Hangat, ardan7779.

Cara Mendaftar GCP (Google Cloud Platform) Free Credits $300 USD Menggunakan Kartu Jenius

Halo sobat ardan! Kali ini aku pengen sedikit share pengalaman mendaftar Google Cloud Platform atau lazim disebut dengan GCP yang menawarkan free trial tidak tanggung-tanggung, yaitu mencapai $300 USD! yang mana bisa dipakai selama 1 tahun layanan.

Anda tentu tahu kan, layanan google sudah lama terbukti mempunyai kredibilitas yang mumpuni dalam dunia internet, misal Search Engine, Server, Cloud Computing, bahkan OS android. Oh iya, beberapa web yang saya kelola juga pernah berdiam di GCP untuk waktu yang lama looh, dan gak ada masalah yang berarti sama sekali. Yaa, produknya google memang sangat jarang bermasalah kaaan.. 😀

Google Cloud Platform merupakan layanan Cloud Computing dari Google yang terdiri dari 4 jenis layanan yang semuanya bertujuan untuk membuat project berbasis Cloud Computing / Komputasi Berbasis Internet agar bisa diakses dan dimanfaatkan dalam skala global. adapun 4 jenis layanan GCP adalah Google AppEngine, Google BigQuery, Google Compute Engine dan Google Cloud Storage. Kali ini kita akan menggunakan layanan Google Compute Engine.

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki layanan Google Cloud Platform, diantaranya:

  1. Keamanan Data : Menggunakan layanan Google cloud Platform memungkinkan kita untuk memiliki keamanan data yang sangat terjamin. Ini terbukti dengan sekian lama layanan google, hampir tidak pernah ada kasus kerentanan keamanan google yang terjadi. Keamanan data merupakan faktor penting untuk membangun sebuah layanan berbasis internet.
  2. Fleksibel : Dimanapun kita berada kita bisa mengakses data yang kita simpan di Google Cloud Platform dengan mudah, yang perlu kita sediakan hanya akses internet. Sobat juga bisa menggunakan RESTful API agar aplikasi yang sobat buat bisa di intregrasikan dengan smartphone berbasis Android ataupun iOS Apple.
  3. Data Terpusat : Penyimpanan yang terpusat sangat diperlukan untuk membangun sebuah layanan dengan skala besar, terutama apabila pengguna dari layanan tersebut sangat banyak.
  4. Menghemat Biaya : Apabila kita memikirkan investasi jangka panjang, layanan Google Cloud bisa menekan biaya pengadaan infrastuktur system yang kita perlukan untuk membangun sebuah aplikasi untuk bisnis kita.

Sebelumnya, jika anda ingin mendaftarkan layanan ini perlu mempunyai kartu kredit / debit yang sudah support. Saat ini, penggunaan kartu kredit menjadi lazim digunakan di dunia internet. Tentu ini tidak menjadi masalah karena banyak alternatif yang bisa digunakan. Jika anda menggunakan BNI, maka bisa menggunakan VCN BNI atau juga bisa menggunakan layanan Virtual Card Jenius dari BTPN. Saya sendiri menggunakan Kartu Jenius untuk registrasi karena mudah membuatnya, berikut caranya membuat Kartu Jenius:

  • Pastikan koneksi internet lancar dan stabil.
  • Menginstall aplikasi JENIUS di android / IOS.
  • Lakukan registrasi sesuai petunjuk yang disajikan di aplikasi, termasuk mengisi data diri, alamat, foto KTP, Foto Selfi beserta KTP, dll.
  • Kemudian melakukan validasi data dengan membawa KTP ke Bank BTPN terdekat untuk mengaktifkan kartu Jenius yang didaftarkan, tanpa harus antri dan proses cepat!. Pihak Jenius bahkan menyediakan fasilitas aktifasi di rumah calon nasabah di beberapa tempat yang terjangkau.
  • nb: Untuk membuat Kartu Jenius, tidak memerlukan deposit sepeserpun. Sayapun, ketika membuat kartu Jenius dengan deposit Rp.0,- dan ketika aktif saya baru mengisi saldo kemudian saya pakai untuk Top-Up e-card.

Berikut Cara Mudah Mendaftar GCP (Google Cloud Platform) Free Credits $300 USD Menggunakan Kartu Jenius

> Masuk ke halaman https://console.cloud.google.com/ lalu pilih di pojok kanan atas Signup For Free Trial. Kemudian isikan data diri yang dibutuhkan, usahakan data jangan ngawur / sesuai dengan data real anda untuk mencegah banned / hal-hal yang tidak diinginkan.

> Kemudian, isikan informasi kartu kredit yang dibutuhkan. Jika menggunakan kartu jenius dan sudah di aktifsasi, maka tinggal masuk ke Aplikasi Jenius di HP, kemudian buka bagian E-Card, dan lihat informasi angka CVV dan nomor kartu.

DI Dashboard Aplikasi Jenius, Pilih Bagian E-Card Kartu Jenius BTPN
Pilih Lihat Kode CVV dan masukan password Jenius sobat
Lalu, Masukan informasi kartu ke halaman registrasi GCP

Oh Iyaaa, sebagai catatan ketika mendaftar di GCP menggunakan Kartu Jenius / mungkin juga menggunakan kartu lain, maka saldo akan otomatis terkurangi $1 untuk verifikasi kartu. Maka, E-Card harus di Top-Up Terlebih dahulu minimal $1 agar bisa digunakan.

Tambahan: Jangan lupa setting limit transaksinya paling tidak Rp20.000,- yaa untuk keperluan verifikasi.

> Jika sudah, maka sebentar lagi akun GCP akan segera aktif dan siap untuk kita pergunakan credits $300 USD untuk keperluan Cloud Computing, termasuk dijadikan sebagai Web Hosting yang powerfull. Berikut catatan penggunaan yang sudah saya pakai selama beberapa bulan.

Dashboard Google Cloud Platform

UPDATE! 16 Juli 2018

Ada beberapa sobat kita yang sepertinya memiliki kendala ketika hendak mendaftar akun GCP, yaitu diwajibkannya untuk mengupload KTP dan Kartu secara Fisik. Seperti bebrapa pertanyaan dibawah ini yang disampaikan melalui inbox fp arddan7779, feedback, maupun kolom komentar.

Pertanyaan melalui FP Facebook
Pertanyaan melalui feedback
Pertanyaan melalui kolom komentar

Pihak Google sepertinya sudah lebih ketat dalam menerima pendaftar baru. Ketika saya mendaftar ke GCP beberapa waktu lalu, sama sekali tidak diminta mengupload KTP dan Kartu Kredit, hanya memasukan informasi kartu. Mungkin karena semakin banyak yang mendaftar ke GCP sehingga pihak google lebih selektif dalam menerima pendaftar baru, salah satu caranya supaya mengupload KTP dan Kartu fisik.

Jika seperti ini yang sobat alami, maka silahkan sobat mengupload syarat yang diminta jika memang sobat masih mau melanjutkan pendaftaran. Untuk kartu Jenius, kartu fisik akan diterima sekitar 2 Minggu – 1 Bulan, pastikan alamat yang sobat masukan di aplikasi benar.


Nah, begitulah cara untuk membuat akun GCP dengan mendapatkan Credits $300 USD dan bisa kita pergunakan selama 1 Tahun. Untuk membuat Web Server menggunakan GCP, silahkan BACA DISINI .

Sekian, semoga bermanfaat buat sobat semua yang sedang mencari ‘gratisan :D’ atau ingin belajar menggunakan Cloud Computing milik Google. Ada Kritik, Saran, Pertanyaan..? Tinggalkan di Kolom Komentar, Jangan Sungkan..!. 😀

Kumpulan Puji-pujian Setelah Adzan, Serta Makna Yang Terkandung.

Assalamu’alaikum sobat, terutama saudara seiman, lebih terutama masyarakat Indonesia, lebih-lebih terutama masyarakat Jawa dan desa. Kalian mungkin sering dengar syair-syair indah atau biasa disebut Puji pujian yang dikumandangkan setelah adzan, sembari menunggu waktu iqomah Sholat 5 waktu kan..?

Berikut saya bagikan beberapa lirik syair puji-pujian jawa kuno yang penuh makna yang biasa dilantunkan setelah adzan sambil menunggu iqomah. Juga disertai dengan audio untuk mengetahui bacaan dan nada yang digunakan, yaa walau suara jauh dari kata bagus, (maklum bukan ahli tarik suara, merekam pun hanya pakai HP) 🙂

1. Doa Bagi Kedua Orang Tua, Juga Nasehat Bagi Kita Semua

“Allahummaghfir lii dzunubi

Wa li Walidayya Warhamhuma

Kamaa Robbayaani Shoghira”

Sopo Kang Pengen Uripe Berkah

Sopo Kang Pengen Mati Husnul Khatimah

Ayooo.. Tumandang Sholat Berjama’ah

Syair tersebut memiliki dua maksud dan dalam dua bahasa. Yang pertama adalah mengandung doa bagi kedua orang tua kita. Agar Allah SWT berkenan untuk memberikan ampunan kepada kita semua dan kepada orang tua kita, serta agar Allah SWT mengasihi mereka sepertihalnya mereka mengasihi kita dikala kecil. Mendoakan orang tua merupakan salah satu cara kita untuk berbakti kepada orang tua yang merupakan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

Dalam Al-Qur’an [Al Isra/17`: 23] juga menjelaskan agar kita berbuat baik kepada ibu dan bapak kita.

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُوا إِلآ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu.

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan pentingnya berbakti kepada orang tua dalam hadisnya [HR Bukhari no. 5.970] bahkan Nabi mengutamakan bakti kepada mereka atas jihad fi sabilillah. Ibnu Mas’ud berkata:

سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْعَمَلِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الصَّلَاةُ عَلَى وَقْتِهَا قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ بِرُّ الْوَالِدَيْنِ قَالَ ثُمَّ أَيٌّ قَالَ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ

Aku pernah bertanya kepada Rasulullah,”Amalan apakah yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab,”Mendirikan shalat pada waktunya.” Aku bertanya kembali,”Kemudian apa?” Jawab Beliau,”Berbakti kepada ke orang tua,” lanjut Beliau. Aku bertanya lagi,”Kemudian?” Beliau menjawab,”Jihad di jalan Allah.”

Dalam bait syair yang kedua dilantunkan dalam bahasa Indonesia, juga mengandung makna yang amat dalam. Sebuah ajakan bagi siapa saja yang menginginkan hidupnya berkah, serta meninggal dalam keadaan husnul khatimah maka seyogyanya menjalankan sholat berjamaah. Nabi Muhammad SAW bersabda (diterangkan dalam kitab bulughul maram):

:عَنْ عَبْدِ اَللَّهِ بْنِ عُمَرَ -رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا-; أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ
(صَلَاةُ اَلْجَمَاعَةِ أَفْضَلُ مِنْ صَلَاةِ اَلْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً (مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Sholat berjama’ah itu lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada sholat sendirian.” Muttafaq Alaihi.

2. Syair Memohon Ampunan dan Bertaubat

“Astaghfirullahal’adzim

Alladzii Laailaha Illa huwalhayyul Qoyyumu

Wa Atubu Ilaihi Taubatan ‘Abdin Dzolimi

Laa Yamliku Linafsihi Dhoro Wa La Naf’a

Wa La Mauta wa La Hayaata wa La Nushura”

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ الَّذِي لاَ اِلهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَ أَتُوْبُ إِلَيْهِ تَوْبَةَ عَبْدٍ ظَالِمٍ لاَ يَمْلِكُ لِنَفْسِهِ ضَرًّا وَ لاَ نَفْعًا وَ لاَ مَوْتًا وَ لاَ حَيَاةً وَ لاَ نُشُوْراً

Merupakan Syair Pengakuan seorang hamba yang penuh dengan dosa. memohon kepada Tuhannya untuk kiranya berkenan mengampuni segala dosanya. “Yaa Allah.. Sungguh tidak ada Tuhan selain engkau. Dan saya bertaubat dengan sungguh-sungguh kepada-Mu dengan sebenar-benar taubat, taubat seorang hamba yang penuh dengan kedzaliman, hamba yang bahkan tidak memiliki dirinya sendiri, yang tidak mampu membuat mudharat atau manfaat untuk hidup, mati, bahkan hingga bangkit kembali”. Ini merupakan salah satu doa yang biasa dibaca ketika setelah melakukan sholat Taubat. Allah SWT berfirman dalam Al Qur’an Surat At- Tahrim ayat 8:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kamu kepada Allah dengan ‘Taubat Nasuha’ (taubat yang sebenar), mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam Syurga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai, pada hari Allah tidak akan menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengannya; cahaya (iman dan amal soleh) mereka, bergerak cepat di hadapan mereka dan di sebelah kanan mereka (semasa mereka berjalan); mereka berkata (ketika orang-orang munafik meraba-raba dalam gelap-gelita): “Wahai Tuhan kami! Sempurnakanlah bagi kami cahaya kami, dan limpahkanlah keampunan kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu”

3. Syair Sayyidul Istighfar

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Tidak jauh beda maksud syair ini dengan syair nomor 2 diatas, yaitu memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa dan kesalahan. Sayyidul IStighfar sendiri merupakan kalimat istighfar yang sangat masyhur karena merupakan kepala / rajanya dari lafadz istighfar. Nabi Muhammad SAW bersabda:

مَنْ قَالَهَا مِنَ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا ، فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِىَ ، فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ ، وَمَنْ قَالَهَا مِنَ اللَّيْلِ وَهْوَ مُوقِنٌ بِهَا ، فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ ، فَهْوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang mengucapkannya (sayyidul istighfar) pada siang hari dan meyakininya (ampunannya akan diterima oleh Allah), kemudian dia mati pada hari itu sebelum waktu sore maka dia termasuk golongan penghuni surga, dan barangsiapa mengucapkannya pada malam hari dalam keadaan meyakininya, kemudian dia mati sebelum waktu pagi tiba maka dia termasuk golongan penguhuni surga.”

Hadits shohih tersebut diriwayatkan oleh:

  • Al Bukhori dalam shohihnya no 63o3, 6323 dan al Adabul Mufrad no 617, 620.
  • An Nasa-i, as Sunnanul Kubra no 9763, 10225.
  • Ath Thabarni dalam kitabnya al Mu’jamul Kabir no 7172 dan al Mu’jamul Ausath no 1018 dan kitab ad Du’aa no 312-313.
  • Ibnu Hibban dalam kitab at Ta’liiqaatul Hisaan no 928-929

4. Rabbana Yaa Rabbana Dholamna Anfusana

Rabbana Yaa Rabbana.

Rabbana Dzalamna Anfusana wa Inlam Tagfirlana wa Tarhamna Lanakunanna Minal Khasiri

Masih dengan makna sebuah pengakuan hamba yang penuh dengan dosa, agar segala kesalahan mendapat ampunan dari Allah SWT.

5. Syair Mohon Husnul Khatimah

“Laa ilaaha illallah

Al Malikul Haqul Mubin

Muhammadu Rasulullah

Shodiqul Wa’dil Amin”

Yaa Allah Kulo Nyuwun

Ibadah Kulo Istiqomah

Yaa Allah Kulo Nyuwun

Pejah Kulo Husnul Khatimah

Syair yang satu ini adalah syair Tauhid, yang dilanjutkan dengan syair memohon agar bisa beribadah secara istiqomah dan meninggal dalam keadaan Husnul Khatimah. Kita sadar bahwa semua kekuatan yang kita terima, termasuk dalam menjalankan segala macam ibadah, merupakan karunia dari Allah SWT, sehingga kita memohon untuk dikuatkan bisa beribadah secara istiqomah. Kita juga seyogyanya memohon kepada Allah SWT agar diwafatkan dalam sebaik-baik keadaan, yaitu Husnul Khatimah.

6. Sholawat Asyghil

Merupakan sholawat yang sering dibaca di kampung-kampung, terutama ketika sedang mengalami masa sulit di tahun 80an.

Lirik Teks Sholawat Asyghil

Ya Allah, limpahkanlah sholawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad.
Dan sibukkanlah orang-orang zhalim (agar mendapat kejahatan) dari orang zhalim lainnya.
Keluarkanlah kami dari kejahatan mereka dalam keselamatan.
Dan berikanlah sholawat kepada seluruh keluarga Nabi serta para sahabat beliau

Berikut dibawah salah satu Pembacaan syair sholawat Asyghil sebagai puji-pujian setelah adzan.

# Syair Sholawat dan Nasehat Lainnya

Masih begitu banyak syair sholawat, Puji-pujiab dan nasehat lainnya yang sering dikumandangkan di daera-daerah seperti Syair Tanpo WAton Karya Gusdur, Syair Sholawat Padang Bulan karya Habib Luthfi, Sholawat Nariyah, Syair Sholawat khas Habib Syekh, Syair Abu Nawas, dan lain sebagainya.

KH. Agus Sunyoto (penulis buku fenomenal Atlas Wali Songo) juga menjelaskan terkait syair-syair / puji-pujian khas jawa yang menerangkan kebaikan. Bisa disimak di video berikut ini:

Mungkin juga didaerah kamu ada yang berbeda, entah lirik maupun nada, namun tujuannya sama yaitu menyuarakan kebaikan. Jika kamu tau syair-syair apa lagi yg sering kamu dengar, bagikan di kolom komentar yaa.. 😀


Sekian beberapa syair yang bisa saya share, semoga bermanfaat. Syukron Jaziilan. Bagikan jika bermanfaat, semoga menjadi amal kita semua.

Wassalamu’alaikum. Salam Hangat, ardan7779.

Doa dalam Al Qur’an, Al Kahfi ayat 10 serta keutamaannya.

Selamat berhari Jumat, wahai Ummat Nabi Muhammad SAW.. Ada beberapa amalan di Hari Jumat yang Berkah ini yang bisa kita lakukan, salah satunya berdoa kepada Allah SWT karena memang Hari Jumat merupakan salah satu waktu yang baik dan mustajab untuk berdoa.

Doa yang terkandung didalam al Qur’an adalah salah satu doa yang paling mustajab. Salah satunya doa ini, yang terdapat dalam surat al kahfi ayat 10. Dari maknanya saja sangat mengena. Bagaimana kita memohon kepada Sang Pencipta petunjuk yang lurus dan rahmat dalam aktifitas / urusan kita. Sehingga, setiap jengkal langkah dan keputusan yang kita ambil, Insyaallah merupakan yang terbaik dari-Nya.

Ketika dulu sempat sowan kepada pengasuh PP. Sunan Pandanaran, beliau KH. Mu’tashimbillah meyampaikan bahwa seorang pencari ilmu harus memiliki suatu amalan yang istiqomah ia laksanakan, paling tidak membaca doa tsb. Dibaca setiap ba’da sholat rowatib sebanyak minimal 3 kali. (Kurang lebih, Insyaallah redaksinya seperti itu).

Al Kahfi ayat 10

رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

“Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (Sura Al-Kahf, Ayah 10)

Ketika pelajaran Abah Yasin (salah satu guru sesepuh) di Pondok Pesantren Al Hikmah pun, beliau menyampaikan pentingnya doa itu.

Beberapa Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jum’at

Bahwa ganjaran bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at atau pada siang harinya akan diberikan cahaya (disinari). Dan cahaya ini diberikan pada hari kiamat, yang memanjang dari bawah kedua telapak kakinya sampai ke langit. Dan hal ini menunjukkan panjangnya jarak cahaya yang diberikan kepadanya, sebagaimana firman Allah Ta’ala:

يَوْمَ تَرَى الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ يَسْعَى نُورُهُمْ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ

“Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka.” (QS. Al-Hadid: 12)

Balasan kedua bagi orang yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at adalah berupa ampunan dosa antara dua Jum’at. Dan bisa jadi inilah maksud dari disinari di antara dua Jum’at. Karena nurr (cahaya) ketaatan akan menghapuskan kegelapan maksiat, seperti firman Allah Ta’ala:

إن الحسنات يُذْهِبْن السيئات

“Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk.” (QS. Huud: 114)

Surat Al-Kahfi dan Fitnah Dajjal

Manfaat lain surat Al-Kahfi yang telah dijelaskan Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian lainnya keterangan lagi sepuluh ayat terakhir.

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an yang cukup panjang, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.”

Dalam riwayat Muslim yang lain, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaca sepuluh ayat dari permulaan surat al-Kahfi, maka ia dilindungi dari Dajjal.” Yakni dari huru-haranya.

Imam Muslim berkata, Syu’bah berkata dalam Shahih Muslim, Kitab Shalah al-Mufassirin, Bab; Fadhlu Surah al-Kahfi wa Aayah al-Kursi: 6/92-93,

“Dari bagian akhir surat al-Kahfi.” Dan Hammam berkata, “Dari permulaan surat al-Kahfi.”

Imam Nawawi berkata, “Sebabnya, karena pada awal-awal surat al-Kahfi itu tedapat/ berisi keajaiban-keajaiban dan tanda-tanda kebesaran Allah. Maka orang yang merenungkan tidak akan tertipu dengan fitnah Dajjal”. Demikian juga pada akhirnya, yaitu firman Allah:

أَفَحَسِبَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنْ يَتَّخِذُوا عِبَادِي مِنْ دُونِي أَوْلِيَاءَ

“Maka apakah orang-orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba-hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? . . .” QS. Al-Kahfi: 102. (Lihat Syarah Muslim milik Imam Nawawi: 6/93)

Semoga kita diberi kekuatan dalam menjalani cobaan, dan diberi rahmat dalam setiap kegiatan.

Hari Jum’at, jangan lupa membaca Surat Al Kahfi nya, minimal 10 ayat pertama 🙂


Jazaakumullahu khoiran katsiiraa.

Salam hangat, ardan7779.