Flash Sale Menggiurkan Berujung Kekecewaan

Flash Sale Hanya Sebatas Strategi Marketing Pembodohan Publik 5

Sebelumnya, postingan ini merupakan pendapat saya pribadi yang melihat fenomena ramai di sekeliling saya, baik di dunia maya maupun nyata yang menimpa saya dan rekan-rekan saya. Ini juga tidak berlaku bagi semuanya, melainkan beberapa yang saya temui. Jadi jika ada yang tidak berkenan dengan ini, mohon maaf dan bisa menghubungi saya disini.

Flash sale memang menjadi salah satu strategi promosi yang ramai dilakukan oleh market place di dunia online maupun offline. Mudahnya, flash sale adalah periode dimana penjual menawarkan produk dengan harga yang sangat murah dengan jangka waktu dan jumlah yang sangat terbatas.

Masih hangat diperbincangkan terkait kecurangan internal dari salah satu market place raksasa di Indonesia yang berujung pemecatan sejumlah pegawai. Bukan main-main, bahkan sampai 40 karyawan yang terkena PHK akibat dari kecurangan yang mereka lakukan. Bayangkan saja, mendapatkan barang Flash sale saja sudah sangat susah dan hampir mustahil, apalagi ditambah dengan curangnya karyawan didalam sistem Flash Sale tersebut.

Banyak cerita kekecewaan pelanggan yang merasa terkena tipu muslihat para penyedia layanan flash sale di beberapa market place. Mungkin juga ada yang mendapatkan flash sale dengan harga gila-gilaan..? Atau barang flash sale tetapi dengan harga yang sebenarnya tidak jauh dari harga pasar, namun dibuat seakan mendapat diskon besar-besaran.

Berikut alasan mengapa Flash Sale Sering Bikin Kecewa

1. Barang yang sangat terbatas

Ini yang menjadi ciri khas dari flash sale yaitu jumlah barang yang sangat terbatas, bahkan bisa habis dalam kurang dari 1 menit! Misal barang yang dijual hanya 10 atau 100 unit bahkan ada yang hanya 1 unit dengan harga sangat murah sebatas untuk menarik minat yang melihat, sedangkan yang mengakses bisa sampai 100.000 user dalam waktu yang bersamaan. Bayangkan anda berebut jerami dalam tumpukan jarum!”. Belum lagi ketika seperti kasus yang saya sebutkan di atas, bahwa ada campur tangan curang dari dalam sistem, sebut saja pegawai market terkait yang menyebabkan user biasa bahkan hampir tidak bisa menang dalam perolehan flash sale.

Baca Juga  Malang Suante, Sayang...

2. Barang dibuat SEAKAN sangat murah

Yang satu ini mungkin sudah ramai bahkan di toko-toko offline sejak zaman dahulu. Diskon gede-gedean..!! Padahal harga sudah terlebih dahulu dinaikkan. Padahal, flash sale menyebut-nyebut dirinya sebagai perebutan unit dengan barang super diskon dan sangat murah, padahal kebanyakan unit yang dijual harganya sama saja dengan harga pasaran. Seperti di platform lazada flash sale tanggal 7 September, salah satu barang yang dijual adalah maspion ex-1010 dengan harga Rp.87.000,- yang disebut disana harga aslinya Rp.150.100,- dengan potongan diskon 42%! dan lantas membuat seakan harga sangat murah.

Flash Sale Hanya Sebatas Strategi Marketing Pembodohan Publik

Harga Flash Sale diskon 42%

Padahal, harga pasaran memang segitu adanya bahkan lebih murah dari harga di Flash Sale tersebut dibawah 80K. Berikut harga pasaran setrika tersebut pada tanggal yang sama.

Flash Sale Hanya Sebatas Strategi Marketing Pembodohan Publik 3

Setrika yang sama dengan harga lebih murah dari flash sale.

 

3. Barang Yang Super Murah, Hampir Mustahil Diperoleh

Dari sekian banyak barang yang ditawarkan di dalam flash sale, ada beberapa barang yang memang dijual dengan harga yang sangat murah namun sekali lagi, barang tersebut selalu habis di detik-detik pertama dan bahkan calon pembeli yang sudah menunggu waktu tepat waktu (baru dibuka flash sale langsung beli) tidak bisa mendapatkan barang dengan berbagai alasan seperti Barang tidak tersedia (padahal ketika klik beli masih bisa) atau ketika check out sudah tidak bisa. Barang-barang super murah tiba-tiba tidak tersedia, dan menyisakan barang-barang lain yang sebenarnya merupakan harga pasaran (seperti kasus di atas).

4. Server Down

Seperti biasa, disaat suatu website terkena request pengunjung yang sangat banyak, akan sangat mungkin mengalami server down. Ini disebabkan karena begitu banyaknya pengguna yang mengakses website tersebut sehingga server kewalahan dalam menangani permintaan / request setiap pengunjung.

Flash Sale Hanya Sebatas Strategi Marketing Pembodohan Publik 4

Server Shopee down ketika Program Flash Sale 9.9

Server Down Ketika Flash Sale

Server Down Ketika Flash Sale

Server Down Ketika Flash Sale

Server Down Ketika Flash Sale

Server Down Ketika Flash Sale

Server Down Ketika Flash Sale

5. Menghabiskan Waktu Dengan Belanjaan Yang Tidak Tentu

Waktu terkuras untuk berlama-lama memilih barang yang akan dibeli, mengincar barang diskon (yang sebenarnya hanya dijadikan seakan-akan sangat murah) atau barang yang memang sangat murah namun dengan jumlah yang terbatas. Waktu terbuang untuk menunggu saat jam flash sale tiba, HARUS TEPAT WAKTU, bahkan ketika malam / dini hari. Mata kita terfokus ke layar 4-6 inc tersebut / layar 14-21 inc hanya untuk mengincar suatu barang, menyita banyak waktu, namun barang tidak juga didapatkan.

Baca Juga  Para Pejuang Nafkah

Demikian ulasan terkait dengan Flash sale yang menggiurkan, namun berujung kekecewaan. Titik berat yang ingin saya singgung adalah betapa waktu kita terbuang sia-sia dengan mengincar barang yang sebenarnya belum begitu kita butuhkan, dan begitupun juga tak pasti bisa kita dapatkan. Jangan jadikan flash sale menghipnotis alam bawah sadar kita untuk membuang waktu menyusun strategi mendapatkan barang (yang seakan) super murah dan berbelanja barang yang sebenarnya tidak perlu sehingga menjadikannya mubadzir waktu, pikiran, dan harta.

Bukan hanya itu, kesehatan mata juga sangat penting untuk diperhatikan. Bagaimana kita selalu ‘mentelengi’ atau melihat layar HP dan Laptop begitu lama hanya untuk sebuah barang yang sebenarnya belum kita butuhkan. Kesehatan mata lebih berharga tentunya, makanya jangan terlalu sering melihat layar terlalu lama.

nb: btw, selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440H. Mari bersama introspeksi diri, kemudian perbaiki.

Gimana pendapat sobat tentang Flash Sale..? Ceritakan di kolom komentar ya! Salam Hangat, ardan7779!

Ardan7779

Seorang hamba, pengharap ridlo Allah dan syafaat Rosulullah.

You may also like...

2 Responses

  1. Shinta Sholihah says:

    Wkwkwk. Udah nunggu berjam2, ngincer barang, pas waktunya error dan ga bisa dapetin tuh. Kesel jadinya 😦

  2. Aon says:

    Jadi inget flashsale nya xiaomi redmi 5a. Slalu ga dapet. Haha. Dan pada akhirnya beli offline

Berikan Tanggapan